Perempuan Cerdas dan bijak dalam Memilih Bagian dari Demokrasi

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang  memberi materi sosialisasi undangan dari Koalisi  Perempuan Indonesia (KPI) yang berkonsentrasi pada peningkatan peran serta perempuan dalam bidang sosial, politik dan ekonomi. KPU Jombang berikan sosialisasi tentang Perempuan cerdas dan Bijak dalam Memilih, Sabtu (6/10). Materi tersebut di isi oleh anggota KPU Jombang  divisi SDM dan Parmas, M Fatoni  yang pada kesempatan tersebut hadir bersama narasumber dari Bawaslu Jombang dan Pengurus Koalisi Perempuan Indonesia Kabupaten Jombang, serta dari undangan Fatayat, Muslimat dan Aisiyah.

sos KPI.jpeg1

anggota KPU Jombang divisi SDM dan Parmas, M Fatoni

Dalam kesempatan tersebut M Fatoni menjelaskan pentingnya peran serta perempuan dalam proses politik dan demokrasi, karena perempuan merupakan bagian dari masyarakat yang jumlahnya cukup signifikan. Ia juga menjelaskan bahwa kesadaran politik bagi perempuan merupakan keniscayaan karena kesemua elemen di masyarakat tidak bisa lepas dari proses politik dan demokrasi baik secara langsung maupun tidak langsung,” Ujar Fatoni

sos KPI.jpeg3

anggota KPU Jombang divisi SDM dan Parmas, M Fatoni

“Sesuai dengan dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 syarat pengurus tingkat pusat sudah mewajibkan 30% keterwakilan perempuan. Kemudian pencalonan di legislatif juga mewajibkan 30% keterwakilan perempuan di semua tingkatan. Dari partisipasi pemilih pun sejak pemilu tahun 1999 sampai dengan pemilu tahun 2014 partisipasi pemilih perempua terus meningkat. Oleh karena itu ini kesempatan bagi perempuan untuk turut andil dalam pembangunan bangsa ini kedepan”, Ujar Fatoni.

Sedangkan dari Bawaslu Jombang materi disampaikan oleh Khodrotun Nafisa  mengenai partisipasi perempuandam pemilihan umum dan bentuk kecurangan dalam pemilu 2019.

sos KPI

Anggota Bawaslu Jombang Khodrotun Nafisa .

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Aula Husni Kamil Manik ( HKM) KPU Jombang  di mulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Pada akhir acara panitia berterima kasih pada KPU Kabupaten Jombang  karena telah ambil bagian dalam kegiatan ini dan memberi tempat dalam melakukan kegiatan tersebut. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *