Rakor Evaluasi Daerah Pemilihan Pemilu 2019 dan Finalisasi DCT.

KPU Jombang gelar Rakor Evaluasi Daerah Pemilihan Pemilu 2019 dan Finalisasi DCT, kegiatan tersebut diadakan di Hotel Front Inn Syariah Peterongan Jombang Jumat, (26/10).

evaluasi dct.jpeg1

Rapat Koordinasi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Jombang  Muhaimin Shofi, Dengan dihadiri LO/ penghubung  Partai Politik peserta pemilu tahun 2019 yang ada di  Kabupaten Jombang. Selanjutnya pemateri diisi oleh Komisioner KPU Jombang Divisi teknis Penyelengaraan, Drs Djafar. KPU RI telah menyiapkan Sistem Informasi terkait Dapil bernama Sistem Informasi Daerah Pemilihan (SIDAPIL) dengan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Dapil, aplikasi ini salah satu fiturnya akan bisa mendeteksi nama calon yang mendaftar secara bersamaan di dua daerah atau mendeteksi kegandaan.”Setiap dapil satu dengan dapil yang lainnya harus proporsional sehingga tidak jomplang antara dapil satu dengan dapil yang lainnya. Berdasarkan Pasal 185 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Penyusunan Daerah pemilihab Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dengan memperhatikan 7 prinsip,” Ujar Djafar.

evaluasi dct.jpeg1.jpeg2.jpeg3

Selanjutnya Finalisasi Calon Tetap  DPRD kabpuapen Jombang Pemilu Tahun 2019, dengan jumlah kursi 50,  dengan jumlah pembagian 6 dapil. Kami sudah menetapkan DCT melalui rapat pleno, dengan total DCT berjumlah 513 orang, parpol sudah mengecek validasi nama-nama calon yang mereka usung. Lalu, rancangan DCT dibubuhkan paraf dari pengurus parpol. Hal ini dikarenakan DCT bersifat finalisasi dalam artian KPU tidak akan mencoret nama Caleg tersebut.“Jadi kami minta mereka cek dulu ejaan nama, gelar dan lainnya. Karena data ini penting dan akan dicetak pada surat suara yang akan disiapkan Desember 2018 dan Januari 2019,” Ujar Drs. Djafar, SH, M.Si Divisi Teknis Penyelengaraan.(agus)

evaluasi dct.jpeg1.jpeg2evaluasi dct.jpeg1.jpeg2.jpeg3.jpeg4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *