KPU Jombang Goes To Campus STIE Dewantara

KPU Jombang menggandeng STIE Dewantara mengadakan acara “KPU Goes to Campus” untuk memberikan sosialisai mengenai pemilu  serentak pada tanggal 17 April 2019. Acara KPU goes to campus dilaksanakan di hall Budi Utomo STIE Dewantara Jombang, Selasa (30/10). Acara sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Ketua III Ibu Wati, sebagai Narasumber Komisioner KPU Jombang, Drs. Djafar, SH, M.Si Divisi Teknis Penyelengaraan,  Drs. M Fatoni, MM, Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Atho’illah, SH  Divisi Hukum dan Pengawasan, jajaran staf KPU Jombang, Senat Mahasiswa, dan mahasiswa  STIE Dewantara Jombang.

kpu go to campus.jpeg4

Wakil Ketua III STIE Dewantara Ibu  Wati , mengucapkan terima kasih atas kepercayaan KPU Jombang menggelar kegiatan baik ini di kampus STIE Dewantara. “Kami senang dan bangga, semoga kerjasama yang baik akan terus kita jaga untuk kebaikan bersama,” Ujarnya.

kpu go to campus.jpeg2

Drs. M Fatoni, MM, Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM,  KPU Jombang  Goes to Campus dilaksanakan untuk menarik minat para pemilih pemula yaitu mahasiswa agar menggunakan hak suaranya dengan benar. Hal ini mengingat banyaknya para pemilih pemula maupun generasi milenial yang acuh atau memilih golput dengan tidak menggunakan hak suaranya.

kpu go to campus.jpeg5

Drs. Djafar, SH, M.Si Divisi Teknis Penyelengaraan, menjelaskan disamping melakuukan sosialisi, divisinya mempunyai tugas  menentuan daerah pemilihan dan alokasi kursi, Pencalonan, Pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara serta penetapan hasil pemilu, Penggantian Antar Waktu anggota DPRD dan DPD.  Bahwa salah satu yang membuktikan diri sebagai warga Negara yang baik maka harus memiliki tanggung jawab politik. Tanggung jawab politik yang dimaksud salah satunya ialah ikut memilih dalam pemilu.”Kita harus menggunakan hak pilih kita dengan benar jika disuruh milih maka harus datang untuk memilih, mari kita tunjukkan bahwa kita mahasiswa STIE Dewantara melaksanakan tanggung jawab politik,” ujar Djafar

kpu go to campus.jpeg7

Drs. M Fatoni, MM, menambahkan bahwa KPU sudah melakukan 4 langkah dalam mensosialisasikan pemilu salah satunya ialah dengan acara KPU Goes to Campus yang mengjak rekan dan civitas kampus untuk memilih, kemudia mereka juga menggunakan jejaring social, media cetak dan online serta pemilih berbasis keluarga , “KPU Goes to Campus itu merupakan salah satu cara kami untuk melakukan sosialisasi dan melibatkan para pemilih pemula dalam pemilu dan berharap kepada mahasiswa agara berperan aktif dengan berpatisipasi sebagai penyelenggara yaitu KPPS.”Kebayakan KPPS sekarang sudah tua karena itu diperlukannya mahasiswa yang masih muda dan kritis untuk ikut berperan serta sehingga nantinya pemilu 2019 dapat berjalan lebih baik,” Ujar ujar M fatoni Komisioner KPU Jombang Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

kpu go to campus.jpeg6

Atho’illah, SH  Divisi Hukum dan Pengawasan, dalam paparannya mengatakan pemilu merupakan tanggung jawab politik kita semua, sebagaimana kita ketahui, syarat memilih adalah terdaftar dalam pemilih dan memiliki e-KTP. Masyarakat dapat mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dengan mendownload aplikasi KPU RI PEMILU 2019 atau dengan mengunjungi website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id  dan info pemilu. Pemilu merupakan indikator dari majunya sebuah demokrasi di suatu Negara, karena pemilu merupakan pilar utama dalam demokrasi. “jangan Sampai mahasiswa STIE Dewantara menjadi golput, itu artinya kalian mensia-siakan harapan dari KPU, buktikan bahwa kita mahasiswa yang memiliki karakter  dengan ikut melaksanakan pemilu,” Ujar Atho’illah, SH  Divisi Hukum dan Pengawasan

kpu go to campus.jpeg3

Pada acara ini selain sosialiasi juga diadakan diskusi dengan para peserta diskusi dan juga ada pemberian doorprize bagi penanya dan bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari KPU Jombang . Acara ditutup dengan foto bersama narasumber/ KPU Jombang ,moderator  serta para peserta. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *