KPU Jombang Sosialisasikan Pemilu 2019 dengan Pemilih Berbasis Penyandang Disabilitas

kpu-jombangkab.go.id KPU Jombang  menggelar sosialisasi Pemilu 2019 kepada puluhan penyandang disabilitas di Ruang Husni Kamil Manik (HKM) KPU Jombang , Senin  (5/11) .Hal itu dilakukan sebagai usaha KPU Kabupaten Jombang  untuk memperkenalkan Pemilu 2019 kepada pemilih penyandang disabilitas, dari Ikatan Penyandang Cacat Jombang(IPC) dan Persatuan Tunanetra Indonesia Jombang ( Pertuni Jombang). Acara di buka oleh Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi, mengatakan pemilih penyandang distabilitas mempunyain hak yang sama sebagai warga Negara.

pertuni.jpeg1

Sementara itu Drs M Fatoni Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  KPU Kabupaten Jombang , mengatakan  jika hak pilih penyandang disabilitas harus diperhatikan, karena dilindungi undang-undang.”Teman-teman penyandang ini punya hak suara, bahkan haknya itu dilindungi undang-undang, jadi jangan disia-siakan. Kita juga akan pastikan penyelenggara di tingkat desa atau TPS memberikan akses semudah mungkin, sehingga tidak ada teman-teman penyandang yang kesulitan saat datang ke TPS, nantinya penyandang disabilitas ini akan dibantu secara langsung oleh PPS. Bahkan mereka akan diberikan pendampingan secara langsung. Sehingga nantinya para penyandang disabilitas ini dapat menggunakan hak suaranya,”Ujar Fatoni.

pertuni.jpeg1.jpeg2

Ia menambahkan  jika pada pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang tidak akan ada diskriminasi terhadap pemilih disabilits. Saudara disabilitas mempunyai hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya, dan yang paling penting jagan golput, Kita pastikan di lapangan tidak akan ada diskriminasi perlakuan antara teman-teman disabilitas dan pemilih lainnya,” ujarnya.

pertuni.jpeg1.jpeg4

Lebih lanjut beliau menambahkan dalam pemilu 2019 bapak ibu akan menerima lima kartu suara, di Jombang ada 513 calon anggota legeslatif, 16 parpol dan 28 calon anggota DPD dan dua calon Presiden dan Wakil Presiden,  dalam massa kampanye ini akan banyak Alat peraga kampanye yang dipasang baik yang difasilitasi KPU maupun biaya sendiri yang kesemuanya diatur dalam PKPU.

pertuni.jpeg1.jpeg5

Tidak hanya itu, M Fatoni mengatakan  salah satu tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah memastikan para pemilih disbilitas sudah memiliki KTP Elektronik. Juga ingin memastikan semua pemilih disabilitas ini sudah melakukan perekaman dan terdaftar di DPT sehingga dapat memilih. Masyarakat dapat mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dengan mendownload aplikasi KPU RI PEMILU 2019 atau dengan mengunjungi website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” Ujar Fatoni.

pertuni.jpeg1.jpeg1

Sudarmaji Ketua Pertuni Jombang dengan adanya sosialisasi dari KPU Jombang, sosialisasi tersebut  kita akan mensosialisasaikan pada anggota lainya yanggak bisa hadir dalam pertemuan internal kelompokmya,” Ujarnya

pertuni.jpeg1.jpeg3

Pada acara ini selain sosialiasi juga diadakan diskusi dengan para peserta diskusi dan juga ada pemberian doorprize bagi penanya dan bagi peserta yang berhasil menjawab  pertanyaan dari KPU Jombang . (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *