KPU Jombang Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 dengan tiga Pilar Kecamatan

kpu-jombangkab.go.id Untuk mewujudkan Pemilu 2019 berjalan aman dan terkendali KPU Jombang  menggelar sosialisasi Forum 3 Pilar bersama TNI dan Polri.  Kegiatan sosialisasi yang digelar di Ruang Suroadiningrat, Kantor Pemkab Jombang turut di hadiri Ketua dan anggota KPU Jombang , Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang, pejabat dari Polres Jombang, pejabat Kodim o814 jombang, seluruh kapolsek,danramil dan camat se kabupaten Jombang, Rabu (7/11).

3 pilar

Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dalam rangka menciptakan kondusivitas di Kabupaten Jombang  saat pelaksanaan Pemilu tahun 2019.”Tentunya untuk mewujudkan diperlukan sebuah sinergitas bersama-sama antar semua lini termasuk seluruh masyarakat dalam menghadirkan pesta rakyat yang akan digelar serentak kondusif,” ungkapnya.

3 pilar.jpeg4

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Dr. H. Akhmad Jazuli, SH, MSi mewakili Bupati Jombang untuk membuka kegiatan tersebut sekaligus sebagai narasumber, bersama dengan KPU, Bawaslu, perwakilan Polres Jombang, dan Kodim 0814 Jombang.Tiga Pilar memiliki peran yang sangat penting demi suksesnya Pemilu 2019,  yang akan dilaksanakan pada April 2019. “Hasil sosialisasi ini sampaikan hingga ke tingkat desa”, Ujar  Sekda Jazuli.

3 pilar.jpeg1

Sinergitas, kerjasama yang baik antara penyelenggara pemilu dan seluruh stakeholder menjadi kunci penting suksesnya pesta demokrasi. Dalam paparannya Sekdakab Jombang juga menekankan bahwa indikator suksesnya pemilu ditentukan juga seberapa tinggi partisipasi masyarakat. ”Tujuan kita bersama hari ini adalah untuk menyamakan persepsi seluruh aparat terkait dalam rangka menyukseskan pemilu 2019. Banyak hal yang harus diketahui masyarakat apalagi kartu suara kali ini cukup banyak dan dibedakan dalam warna, ini harus tersosialisasikan hingga di masyarakat bawah”, Ujarnyanya.

3 pilar.jpeg2

Kasat Reskrim Gatot Setiabudi serta pemateri dari Kodim 0814, Pasi Intel Dim0814 Sujiono  menyampaikan materi yang sama bahwa Kunci keberhasilan pemilu 2019 adalah adanya netralitas aparatur termasuk TNI dan Polri.

TNI dan Polris ebagai alat negara yang menjaga Kamtibmas bertugas melindungi mengayomi melayani masyarakat dan menegakkan hukum dan bersikap netral terhadap penyelenggaraan pemilu dan tidak melibatkan diri dari kegiatan politik praktis dan tidak menggunakan hak politik di pilih maupun memilih tidak menduduki jabatan di luar kepolisian.

3 pilar.jpeg3

Materi dari KPU disampaikan oleh   Athoilah,SH Divisi Hukum dan pengawasan memaparkan tentang penyelegaraan Pemilu 2019 diharapkan pada Pemilu 2019 dapat berjalan dengan sukses, aman dan damai. “Untuk Jombang dalam pemilu 2019 ada hamper 783 orang yang berkompetisi, Caleg DPD Jawa Timur 28 orang, caleg Dapil 8 DPR RI 135 orang, caleg Dapil 10 DPRD Provinsi 108 orang, Caleg DPRD Jombang513 orang,” Ujar Athoillah

3 pilar.jpeg5

Ahmad Udi Masykur ketua Bawaslu Jombang menyampaikan materi netralitas aparatur termasuk ASN, TNI dan Polri dalam penyelegaraan Pemilu 2019, serta kegiatan Larangan kampanye itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), Pasal 280 ayat (1).”   bahwa Kunci keberhasilan pemilu 2019 adalah adanya netralitas penyelenggara,”Ujar Udik.(agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *