Membangun Komitmen Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.idPenyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 yang berjalan sukses juga karena dukungan pertanggungjawaban pengelolaan anggaran Pemilu 2019. Karena itu, KPU Jombang beserta Badan Ad Hoc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Jombang, berkomitmen untuk mengelola anggaran dan menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang tertib dan akuntabel.

Agar tujuan tersebut tercapai, KPU Jombang menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Pemilu Tahun 2019 berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor : 302/PP.02-KPT/02/KPU/IV/2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Anggaran Pemilu Tahun 2019 pada Jumat (9/11) hingga Sabtu (10/11), di Hotel Asida Batu. Pesertanya adalah Sekretaris dan Bendahara PPK se-Jombang bersama seluruh Personel Subbag Umum Keuangan dan Logistik (KUL) Sekretariat KPU Jombang.

“Pengelolaan keuangan termasuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran menjadi wewenang Sekretaris dan Bendahara PPK yang memfasilitasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Anggota PPK. Karena kita telah melewati tahapan Pemilihan Bupati Jombang dan Pemilihan Gubernur Jatim 2018 lalu, maka seharusnya Pengelola Keuangan Pemilu Tahun 2019 sudah paham apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” tegas Hanif Purwanto, Sekretaris KPU Jombang, dalam penyampaian materi.

rakor batu.jpeg1

Hanif mengingatkan bahwa penyampaian LPJ dari PPK kepada KPU Jombang juga harus disiplin dan tepat waktu. Ketika menerima pencairan anggaran, sebaiknya pengelola keuangan PPK dan PPS merealisasikan dan kemudian menyusun dokumen LPJ.

Kepala Subbag KUL, Heri Subagyo, memaparkan materi tentang petunjuk teknis penyusunan pelaporan pertanggungjawaban keuangan Pemilu Tahun 2019. Karena masih banyak LPJ yang sudah disampaikan sebelumnya, belum sesuai dengan petunjuk teknis.

“Mohon dicermati betul format laporan yang terdapat dalam Keputusan KPU RI itu dan ketika disampaikan kepada KPU Jombang sudah dalam keadaan lengkap dan zero kekurangan terutama kolom tanda tangan,” jelas Heri.

rakor batu

Sekretaris KPU Jombang juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk menyampaikan permasalahan-permasalah terkait penyusunan LPJ, kendala realisasi anggaran, dan kendala-kendala non teknis lainnya untuk menjadi bahan pertimbangan kebijakan selanjutnya. Diskusi dan tanya jawab berlangsung penuh antusiasme dari Peserta untuk mencari solusi bersama.

“Saya sangat berterima kasih karena KPU telah menyelenggarakan acara ini yang sangat besar manfaatnya terutama memberikan pencerahan ilmu terkait LPJ PPK,” kata Tri Widodo, Sekretaris PPK Bandar Kedungmulyo, seusai acara. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *