KPU Jombang, Ajak Pemilih Pemula Berdemokrasi

kpu-jombangkab.go.id. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang menjadi narasumber pada kegiatan  yang dilaksanakan Kesbanglinmas Jombang, sosialisasi dengan pemilih pemula di aula SMA 3 Jombang,Rabu (14/11).

sma 3

M Masud kepala Kesbanglinmas Jombang, kegiatan sosialisasi kepada para pemilih pemula tak hanya menjadi bagian dari menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, tetapi juga dalam rangka meningkatkan partisipasi dan menjaring pemilih pemula guna mencapai target suara minimal 77 persen, untuk itu pihaknya melakukan kegiatan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula, sebagai bentuk wujudnyata pemerintah daerah dalam mensukseskan pemilu 2019,”Ujar Masud.

Drs M Fatoni MM Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  KPU Kabupaten Jombang menjelaskan dengan adanya kegiatan ini sangat membantu KPU Jombang dalam mensosialisasikan pemilu 2019 ini kepada kelompok-kelompok masyarakat seperti pemilih pemula, untuk mengajak supaya adik-adik kita bisa memilih calon wakil rakyatnya, presidennya dengan melihat visi misinya, programnya, rekam jejaknya dan tidak terpengaruh money politic , intinya agar menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan presiden pada 17 April 2019 mendatang,” Ujarnyanya.

sma 3.jpeg1

Dalam Sosialisasi tersebut di kemas dengan cara yang mudah diterima oleh siswa dengan menyampaikan poin-poin penting tentang kapan pemilu dilaksanakan, siapa peserta pemilu, bagaimana menjadi pemilih, bagaimana memilih, dan bagaimana berinteraksi dalam proses pemilu, bagaimana berkampanye, baik di media sosial maupun dilingkungan sehari hari. “Contoh gambar tentang nama dan nomor urut peserta pemilu,” Ujarnya.

sma 3.jpeg2

Drs M Fatoni MM Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  KPU Kabupaten Jombang menambahkan  tahapan kampanye selain rapat umum juga ada bentuk kegiatan lain diataranya, kegiatan kebudayaan, meliputi pentas seni, panen raya, dan/atau konser music, kegiatan olah raga, meliputi gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai,perlombaan. Selain itu ada alat peraga kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK), KPU juga memfasilitasi APK dan peserta pemilu dapat menambah sessuai dengan peraturan yang berlaku.

sma 3.jpeg3

Sementara itu, siswa kelas XII yang mengikuti kegiatan tersebut, mengaku cukup senang karena dengan kegiatan ini menjadi mengetahui bagaimana cara mengunakan hak pilihnya, yang dari narasumber langsung  KPU Jombang(agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *