KPU Jombang Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 Dengan Tiga Pilar Wilayah Utara Sungai Brantas

kpu-jombangkab.go.id Pemilu serentak 2019 sudah mulai terasa seiring dimulainya masa kampanye. KPU Jombang Gelar Sosialisasi dengan tiga pilar dengan harapan pemilu 2019 suasana tetap kondusif. Kegiatan sosialisasi yang digelar di tiga karisidenan untuk hari ini di wilayah utara sungai brantas tepatnya di aula SMK PGRI Ploso Jombang, Jumat (24/11)

3 pilar ploso 2

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Dr. H. Akhmad Jazuli, SH, MSi mewakili Bupati Jombang untuk membuka kegiatan tersebut sekaligus sebagai narasumber, bersama dengan KPU, Bawaslu, perwakilan Polres Jombang.Tiga Pilar memiliki peran yang sangat penting demi suksesnya Pemilu 2019,  yang akan dilaksanakan pada April 2019. Sinergitas, kerjasama yang baik antara penyelenggara pemilu dan seluruh stakeholder menjadi kunci penting suksesnya pesta demokrasi. Dalam paparannya Sekdakab Jombang juga menekankan bahwa indikator suksesnya pemilu ditentukan juga seberapa tinggi partisipasi masyarakat. ”Tujuan kita bersama hari ini adalah untuk menyamakan persepsi seluruh aparat terkait dalam rangka menyukseskan pemilu 2019. Banyak hal yang harus diketahui masyarakat apalagi kartu suara kali ini cukup banyak dan dibedakan dalam warna, ini harus tersosialisasikan hingga di masyarakat bawah”, Ujarnyanya.

3 pilar ploso

Polres Jombang diwakili Kompol Kusen Hidayat Kabag OPS mengatakan keberadaan tiga pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa lurah atau kepala desa ini mampu menjamin suasana kondusif dari lingkup pemerintahan terkecil, yakni desa atau kelurahan. Keyakinan ini didasari dari dedikasi mereka yang telah lama mengabdi kepada masyarakat. Ia berharap tiga pilar ini bisa merebut simpati dan hati rakyat untuk bersama-sama menjaga situasi Pileg dan Pilpres 2019 tetap kondusif. Caranya yakni dengan memberikan pelayanan yang baik sehingga rakyat percaya akan keberadaan tiga pilar ini. “Netralitas Polri TNI dan ASN saat memberian pelayanan dan pengamanan saat Pileg dan Pilres 2019 menjadi harapan masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi dan keadilan dalam berdemokrasi akan terwujud,” Ujar Kusen Hidayat

3 pilar ploso 3

M Fatoni Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas mengatakan sosialisasi itu dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman Sosialisasikan Aturan Kampanye Pemilu 2019. KPU menetapkan 23 September 2018 sebagai hari pertama kampanye  Pemilu 2019 sd 13 April 2019 , dengan  sosialisasi ini diharapkan sebagai bentuk keleluasaan bagi parpol memberikan penyampaian informasi kepada masyarakat, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018 tentan. KPU memfasilitasi  alat peraga kampanye (APK), selain itu KPU juga membolehkan parpol untuk membuat tambahan APK untuk kegiatan kampanye,” Ujar M Fatoni.

3 pilar ploso 4

Ahmad Udi Masykur ketua Bawaslu Jombang menyampaikan materi netralitas aparatur termasuk ASN, TNI  Polri dan kepala desa dalam penyelegaraan Pemilu 2019, serta kegiatan Larangan kampanye itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.”  terutama pada pasal  490 terkait Setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu dalam masa Kampanye dengan  pidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,” Ujar Ahmad Udi Masykur  ketika memberikan paparan dihadapan tiga pilar di utara sungai  sungai brantas Jombang ( agus)

3 pilar ploso 5 jpeg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *