KPU Jombang , menggelar Kursus Kepemiluan Angktan Ke 2 tahun anggaran 2018

kpu-jombangkab.go.id Guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. KPU Jombang gelar Kursus Kepemiluan. Diikuti peserta dari unsur pelajar, mahasiswa dan masyarakat Kabupaten Jombang”Kursus pemilu dilaksanakan sebagai langkah penyebarluasan informasi terkait pelaksanaan dan tata cara memilih yang benar dalam pemilu, ia  berharap akan muncul penyelenggara pemilu berkualitas dari kegiatan kursus  kepemiluan ini,” Ujar  Ketua KPU Kabupaten Jombang Muhaimin Shofi dihadapan 39 orang peserta kursus di Ruang HKM KPU Jombang,kamis(22/11).

kursus pemilu.jpg1

Drs. M Fatoni, MM Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  mengatakan Kursus Kepemiluan (Election Course) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk dan menumbuhkan embrio komunitas yang peduli dengan pemilu dan demokrasi, membentuk mitra KPU Jombang dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pemilu dan demokrasi di kabupaten Jombang, pendidikan kepemiluan sangat penting, karena seluruh elemen bangsa punya tanggung jawab dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu.

kursus pemilu.jpg2

Ia berharap masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dan ikut serta menyukseskan pemilu 2019. Adanya kursus dan sosialisasi ini memudahkan KPU untuk menjelaskan dan memberitahukan hal-hal yang dirasa perlu pada pemilih,” Ujar M fatoni

kursus pemilu.jpg3x

Drs. Djafar, SH, M.Si Divisi Teknis Penyelengaraan sebagai narasumber kursus kepemiluan menjelaskan Syarat menjadi Pemilih, 16 (enam belas) Partai Politik dan Kotak Suara ada 5 (lima) diantaranya Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.”Ini salah satu upaya kita menghadapi Pemilu 2019 nanti, apalagi semuanya dilaksanakan serentak baik pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (Pileg) kabupaten, provinsi hingga pusat,” Ujar Djafar.

kursus pemilu.jpg4

Para peserta dalam hal pengetahuan kepemiluan diberikan  materi dengan metode diskusi, agar peserta lebih interaktif dan aktif mengikuti kursus ini. Dalam  bagian lain dari kursus kepemiluan itu juga dilaksanakan   simulasi pemungutan suara. Simulasi ini melibatkan seluruh peserta, ada yang bertugas sebagai ketua dan anggota KPPS, saksi, pengamanan TPS, pengawas maupun pemilih.

kursus pemilu.jpg5

Kegiatan diahiri dengan Foto bersama, masing-masing peserta mendapatkan sertifikat yang telah mengikuti kursus kepemiluan. Dengan adanya kegiatan ini berharap para peserta bisa bisa penyebarluasan informasi pemilu di lapisan masyarakat, selain mengedukasi diri, anggota keluarga dan lingkungannya

kursus pemilu.jpg6

Menyikapi kegiatan itu,  seorang pengajar STIE Dewantara Jombang, Vita mengaku senang mengikuti kursus kepemiluan ini. Selain mendapat banyak teman baru, ia juga bersyukur karena mendapatkan pengetahuan tentang kepemiluan. Vita berjanji siap berpartisipasi pada Pemilihan Umum Tahun 2019 dengan mengajak para mahasiswa berperan lebih aktif.(agus).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *