Sosialisasi Dana Kampanye Pemilu 2019

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang gelar Sosialisasi Dana Kampanye Pemilu 2019 dengan mengundang perwakilan elemen mahasiswa perguruan tinggi di Jombang.Kamis (6/12).

sos dana kam

Acara dibuka Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum, Athoillah sekaligus memberi materi,  mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka menyampaikan kepada Perwakilan Mahasiswa terkait persoalan aturan kampanye.”Mengapa kegiatan sosialisasi ini perlu agar Elemen perwakilan Mahasiswa  bisa memahami teknik pencalonan atau kaidah-kaidah kampanye, serta pengelolaan dana kampanye pemilu 2019,” Ujar Athoillah.

sos dana kam.jpeg1

Terkait ketentuan umum dalam kampanye Djafar Komisioner KPU Divisi Teknis  menjelaskan, “ Bahwa ketentuan umum kampanye antara lain, pertama, diselenggarakan di seluruh wilayah NKRI, kedua secara serentak sesuai dengan jenis Pemilu pada tahapan Kampanye, ketiga Parpol Peserta Pemilu dapat melaksanakan Kampanye untuk Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, keempat Calon Anggota DPD tidak dapat melaksanakan Kampanye untuk Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, kelima Peserta Pemilu mempunyai hak, kesempatan, dan perlakuan yang adil dan setara”.Ujar Djafar

sos dana kam.jpeg2jpeg

Athoillah,SH menambahkan Selain parpol, caleg dapat berkampanye, ini menyangkut laporan penggunaan dana kampanye. Sumber dana dan batasan sumbangan dari berbagai pihak. Bedanya, ada pelaksanaan pilpres, menunjuk pihak-pihak untuk melaksanakan kampanye, harus berbadan hukum yang didirikan oleh WNI.”Termasuk persoalan administrasi, kemudian tim kampanye tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye harus penyampain laporannya. menyetor rekening khusus dana kampanye satu hari sebelum masa kampanye dimulai, Kemudian daftar pelaksaan kampanye harus masuk lebih awal atau satu hari sebelum masuk masa kampanye,” Ujarnya.

sos dana kam.jpeg3jpeg

Hai ini diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKUP) nomor 28 tahun 2018 atas perubahan PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye dan PKPU nomor 29 tahun 2018 atas perubahan PKPU nomor 24 tahun tentang dana kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2019,

Acara dilanjudkan dengan sesi Tanya jawab, sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa se  Kabupaten Jombang,  BEM, PMII,HMI,GMNI,   digelar di Front One Inn Syariah Jombang.(agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *