Ketua Ingatkan Ketertiban dan Akuntabilitas Pengelola Keuangan PPK

Kpu-jombangkab.go.id- Ketua KPU Jombang, Muhaimin Shofi, sekaligus Divisi Keuangan Umum dan Logistik, mengingatkan kepada seluruh Pengelola Keuangan Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu Tahun 2019 untuk bersungguh-sungguh dan berkomitmen kuat melaksanakan pertanggungjawaban keuangan dengan tertib dan akuntabel. Demikian disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penjelasangan Keuangan Pemilu Tahun 2019 di depan Sekretaris dan Bendahara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 21 kecamatan se-Jombang, Rabu (12/12), di gedung Husni Kamil Manik.

rakor keu
Sekian bulan telah berjalan, Muhaimin mengatakan bahwa ia mendapat laporan bahwa masih banyak Pengelola Keuangan Pemilu 2019 di tingkat PPK yang tidak tertib menjalankan kewajibannya menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (LPJ) kepada KPU. Padahal dalam pengelolaan keuangan Pemilu 2019, beban Pengelola Keuangan tingkat PPK berkurang karena urusan pajak telah dipotong langsung oleh Bendahara KPU Jombang sehingga Pengelola Keuangan PPK cukup melengkapi dokumen-dokumen transaksi keuangan PPK saja.
“Mari kita bersama-sama meningkatkan kinerja dan kesadaran bahwa Pengelola Keuangan adalah orang-orang terpilih di tingkat kecamatan untuk mengelola anggaran Pemilu 2019 dan seharusnya ditunjukkan pula dengan kinerja yang baik dan bertanggung-jawab,” tegas Komisioner KPU Jombang selama dua periode itu.
Pada rapat koordinasi tersebut, Sekretaris KPU Jombang, Hanif Purwanto menjelaskan rincian dari tambahan biaya operasional untuk PPK selama tiga bulan yaitu : Bulan Oktober, November, dan Desember 2018. “Ada tambahan biaya sewa printer dan biaya operasional lainnya dan setelah ditransfer mohon segera dieksekusi,” tegas Hanif .

rakor keu.jpeg1
Hanif menambahkan, jika ada kendala atau permasalahan yang kurang dipahami, agar segera berkonsultasi kepada Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Jombang agar tidak terjadi kekeliruan dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan. Seharusnya Para Pengelola Keuangan PPK untuk Pemilu 2019 sudah berpengalaman karena hampir semuanya adalah Pengelola Keuangan Anggaran Hibah Pemilihan Serentak Tahun 2018 lalu. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *