Gelar FGD Pengelolaan Keuangan Bersama BPKP Jatim

Kpu-jombangkab.go.id- Demi menjaga akuntabilitas laporan keuangan di Tahun Anggaran 2018, KPU Jombang mengundang Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur sebagai Narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2018, pada Senin (17/12), di Ruang Rapat KPU Jombang. Bersama Tim Pengelola Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), turut hadir yaitu : Ketua KPU Jombang yang memegang kendali Divisi Keuangan Umum dan Logistik (KUL)-  Muhaimin Shofi, Anggota KPU Jombang – Dja’far, dan Kasubag KUL- Heri Subagyo.

bpkp 2

“Prinsipnya yang perlu dicermati betul adalah kelengkapan dokumen kegiatan untuk melengkapi kuitansi pembayaran, misalnya kelengkapan dokumen rapat yaitu undangan, daftar hadir, notulensi dan ideal lagi adalah foto kegiatan. Selain itu yang memerlukan pencermatan lagi adalah ketelitian mengisi lembar Surat Perjalanan Dinas (SPD) yaitu kelengkapan visum yaitu pada tanggal kegiatan dan tempat tujuan,” papar Lies Probo dari BPKP Jawa Timur, didampingi Anggota Tim yaitu : Zuiyin dan Gilang.

BPKP 1

Zuiyin menyarankan agar Pengelola Keuangan melakukan inventarisasi ulang dokumen apa saja yang masih memerlukan kelengkapan setelah review  oleh BPKP Jatim. “Koordinator atau Penanggung Jawab suatu kegiatan dalam satuan kerja tersebut, yang berkewajiban menyerahkan kelengkapan dokumen kegiatan tersebut selain dari kuitansi pembayaran yang merupakan kewajiban Bendahara,” tegas Zuiyin.

bpkp 3

Selain review atas laporan keuangan KPU Jombang dari Bulan Januari sampai dengan Mei 2018, kegiatan tersebut berisi diskusi atas permasalaham-permasalahan pengelolaan keuangan oleh Pengelola Keuangan KPU Jombang pada BPKP Jatim sebagai Narasumber. Tujuannya adalah untuk membantu Pengelola Keuangan KPU Jombang dalam pendampingan pengelolaan keuangan sebelum menghadapi pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *