Demi Wujudkan Data Pemilih Berkualitas KPU ,Bawaslu dan Petugas Lapas Gelar Rakor Bersama

Kpu-jombangkab.go.id-  KPU Jombang  menggelar rapat koordinasi bersama petugas lapas Jombang dan Bawaslu Jombang terkait penyempurnaan Daftar Pemilih. Rakor membahas terkait upaya bersama dalam rangka memaksimalkan langkah-langkah agar warga memenuhi syarat menjadi pemilih pada Pemilu dan Pilpres 2019. ” guna mewujudkan data pemilih yang berkualitas, ” Ujar Muhaimin Shofi  Ketua KPU Jombang ketika memimpin rakor, Rabu  (9/1).

rakor dengan lp

Dalam Forkomutarlih yang melibatkan dua lembaga yaitu  lembaga Bawaslu Jombang  dan Lembaga Pemasyarakatan, Terkait  mendata pemilih yang berada di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019,” untuk menjamin penyaluran hak pilih bagi pemilih di lapas dan rutan,” Ujar Burhan

rakor dengan lp.jpeg1

Langkah ini diambil mengatasi kendala yang dihadapi dalam hal pemutakhiran data pemilih khususnya di Lapas Jombang,  ini terjadi karena dinamika warga binaan yang berubah ubah-ubah, yang dapat menyebabkan pemilih terdaftar ganda atau bahkan tidak terdaftar sama sekali.

rakor dengan lp.jpeg2

Abd. Wadud Burhan Abadi, SE, M.Si  Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, pemilih dengan kategori tersebut akan dimasukkan dalam DPT tambahan (DPTb). Penetapannya baru akan dilakukan pasca-penetapan DPT, atau 30 hari jelang hari pemungutan suara, yaitu 16-17 Maret 2018. Meski demikian, dengan semangat identifikasi sejak dini terhadap pemilih kategori tersebut. Rakor ini sebagai amanat yang harus dilaksanakan sebagaimana landasan hukum  yang sudah digariskan,  seperti UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Ketentuan Pasal 61 PKPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih diamanatkan untuk “melaksanakan Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih”.Ujarnya (agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *