Hingga Penutupan, Ada 133 Pendaftar Relawan Demokrasi di Jombang

fer berkas relasi.jpeg4

kpu-jombangkab.go.id- Pendaftar Relawan Demokrasi (Relasi) di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang ditutup hari ini pada pukul 16.oo WIB. Ada 133 Pendaftar Relawan Demokrasi di Jombang,  Pendaftaran dibuka pada tanggal 10 – 12 Januari 2019. KPU Jombang  hanya akan menerima 55 orang relawan demokrasi,  salah satu tugasnya yaitu, membantu mensosialisasikan jadwal pemilu, dan berusaha meningkatkan partisipasi pemilih, Sabtu (12/1)


pendaftaran relasi

Drs. M. Fatoni, M.M. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menjelaskan bahwa tujuan utama dari dibentuknya Relawan Demokrasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan Partisipasi Pemilih, yang ketiga meningkatkan kepercayaan Publik terhadap proses demokrasi, dan yang keempat membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.

fer berkas relasi

Dari berkas yang masuk, tim KPU Kabupaten Jombang  mengecek berkas sesuai dengan persyaratan yang diumumkan KPU Jombang yaitu, usia minimal bagi 17 tahun, dan pendidikan terakhir Minimal SMA, dan khusus untuk relawan demokrasi yang memilih basis Pemula maka usia maksimal 25 tahun, domisili di Jombang. Persyaratan utama dalam menjadi relawan demokrasi bahwa pendaftar bukan Partisan Politik,”  hal ini ditujukan untuk menjaga independensi KPU, yang penting juga mereka ini berkomitmen untuk menjadi relawan Pemilu. Pengumuman nanti dapat dilihat website KPU Jombang atau pengumuman kantor KPU Jombang, untuk hari Senin  dan Selasa mengikuti wawancara,”Ujar M. Fatoni.

fer berkas relasi.jpeg1

Dari  berkas pendaftaran 10 segmen/basis antara lain, basis keluarga 19 berkas, basis pemilih pemula 31 berkas, basis pemilih muda 32 berkas, basis pemilih perempuan 14 berkas, basis penyandang disabilitas 4 berkas, basis pemilih berkebutuhan khusus 4 berkas, basis kaum marginal 5  berkas, basis komunitas 9 berkas, basis keagamaan 5 berkas, basis warga internet 10 berkas.  Dengan Jumlah pendaftar :   133   org  Jumlah Laki-laki :  67 org , Perempuan :   66 org,”  yang tersebar di 21 Kecamatan yang ada di Jombang yaitu kecamatan Bandarkedungmulyo 1 orang, Perak 5 orang, Gudo 1 orang,  Ngoro 5 orang,  Bareng 4 orang, Wonosalam 2 orang, Mojowarno 7 orang, Mojoagung 2 orang, Sumobito 3 orang, Kesamben 4 orang, Peterongan 10 orang, Jogoroto 18 orang, Diwek 15 orang, Jombang 23 orang, Tembelang 5 orang, Megaluh 10 orang, Ploso 5 orang, Plandaan 2 orang, Kabuh 2 orang Ngusikan 1 orang, Kudu 6 orang dan 2 orang luar wilayah Jombang,” Ujar M Fatoni (agus).

fer berkas relasi.jpeg2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *