KPU Jombang Sosialisasi Pindah Memilih Dengan Pengurus Pondok Pesantren

Kpu-jombangkab.go.id  KPU Jombang  melakukan Sosialisasi pindah Memilih  sebagai upaya strategis dalam memaksimalkan validasi data pemilih, dengan  mengajak Pengurus Pondok Pesantren Se- kabupaten Jombang. Sosialisasi bertujuan agar para santri yang akan melakukan pindah memilih di pondok Pesantren bisa dilayani. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dengan pengelola pondok pesantren untuk memastikan partisipasi warga pesantren dalam Pemilu 2019, Kamis ( 7/2).

sos pindah pilih dg ponpes.jpeg1

Acara yang digelar di Gedung Husni Kamil Manik (HKM) KPU Jombang, dibuka oleh Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi,SE menghimbau, agar masyarakat yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun harus pindah memilih dikarenakan pekerjaan, sekolah atau lainnya. “Agar mendaftarkan dirinya atau melaporkan dirinya segera kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten tempat asal guna mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih atau formulir Model A5 (Form A5).”Ujar Muhaimin Shofi

sos pindah pilih dg ponpes.jpeg2

Dilajutkan pemaparan Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Abd. Wadud Burhan Abadi, SE, M.Si mengatakan  hak memilih diatur dalam Undang- Undang no. 7 tahun 2017  Pasal. 198 ayat satu Warga negara Indonesia yang pada hari Pemungutan suara sudah genap berumur tujuh belas  tahun atau lebih, sudah kawin, atau sudah pernah kawin mempunyai hak memilih. Untuk dapat menggunakan hak memilih, warga negara Indonesia harus terdaftar sebagai pemilih kecuali yang ditentukan lain dalam undang-undang ini ada pada Pasal. 199 Undang- Undang no. 7 tahun 2017.Terlebih lagi, pemilu adalah momentum lima tahunan untuk menentukan pemimpin bangsa.” Ujar Burhan.

sos pindah pilih dg ponpes.jpeg4

Burhan  menambahkan, bagi santri putra dan putri yang kebetulan berasal dari luar Kabupaten Jombang dan pada tanggal 17 April mendatang dimungkinkan akan menggunakan hak pilihnya di pondok tersebut, agar segera mendaftarkan dirinya atau melaporkan dirinya segera kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten tempat asal guna mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih atau formulir Model A5,” Ujarnya.

sos pindah pilih dg ponpes

Drs. Djafar, SH, M.Si Divisi Teknis Penyelengaraan  mengatakan Penyelenggaraan Pemilu 2019 diikuti oleh partai politik, perseoragan dan calon presiden dan wakil presiden, kapan Pemilu, dimana Pemilu, Bagaimana menggunakan hak pilih, Seperti apa Dapil dan jenis Pemilih, termasuk 5 jenis surat suara pada pemilu 2019 serta  tata cara mencoblos  surat suara. Oleh karenanya ia berharap jangan sampai golput.”Harapan kita semua warga negara itu bisa memilih semuanya. Hak sebagai warga negara, untuk itu jangan di sia-siakan pemilu 2019,” Ujar Djafar.( agus).

sos pindah pilih dg ponpes.jpeg3

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *