Relawan demokrasi basis komunitas “Workshop basic Brush Calligraphy Pemilu 2019 “

Kpu-jombangkab.go.id . Kaligrafi merupakan salah satu jenis karya seni yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan, sehingga mempunyai nilai estetika. Relawan demokrasi basis komunitas gelar  Workshop basic Brush Calligraphy Pemilu 2019 yang berkerja sama dengan komunitas Serat Jombang, Sabtu ( 16/2).di Aulan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.  Diikuti lebih dari  75 peserta ini berlangsung dengan sangat menarik, antusisme peserta yang sangat tinggi membuat kegiatan ini semakin meriah.

komunitas kaligrafi

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh komisioner KPU kab Jombang  Drs. M Fatoni, MM Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM   dan juga dilanjutkan dengan sosialisasi teknis pelaksanaan pemilu 2019, mulai dari 5 jenis surat suara hingga syarat sah tidaknya surat suara tersebut. Cara pindah pilih dan Pengecekan DPT melalui https://www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Surat suara yang di terima bagi masyarakat yang pindah memilih, “ Jangan lupa peserta yang hadir pada hari rabu tanggal 17 Aplir 2019 datang ke  TPS  dengan membawa undangan C6 dan wajib membawa KTP Elektronik dengan waktu pencoblosan jam 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, dan jangan lupa pula mengisi daftar hadir pada saat datang ke TPS tersebut,  ” Ujar  M Fatoni.

komunitas kaligrafi.jpeg1

Setelah sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan workshop brush calligraphy yang  dikoordinir secara langsung oleh tim Serat Jombang dengan pemateri, Ezar Samudra Syifa, founder serat Jombang.

komunitas kaligrafi.jpeg2

Terdapat banyak komunitas di jombang yang turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya, Komunitas Seni Mahar, Djombang Screen Printing (DSP),  Paguyuban Guk Yuk (Duta Wisata), Komunitas Perempuan Mandiri Jombang (KPMJ), Komunitas Seni anak Jombang (Kosajo), Volunteer Jombang (VJ), Sekolah Kaligrafi (SAKAL) Jombang, Njombangan, Senkom, Forum Anak Jombang (FAJ) dan beberapa komunitas lainnya.

komunitas kaligrafi.jpeg3

Anik Nur Qomariyah, koordinator Relasi basis komunitas, mangatakan, “Tujuan kegiatan ini diselenggarakan bukan hanya untuk mengedukasi peserta mengenai pelaksanaan pemilu 2019, namun juga memberikan ketrampilan seni menulis yang juga disebut dengan brush calligraphy. Di akhir acara, seluruh peserta harus menggabungkan dua pengetahuan tersebut menjadi sebuah karya yang bisa mereka gunakan untuk mengajak teman dan juga sanak saudara untuk turut serta mensukseskan pemilu 2019″Ujar Anik

komunitas kaligrafi.jpeg4

Di akhir kegiatan, seluruh peserta berlomba-lomba menghasilkan sebuah karya tulisan terbaik mereka yang mengkampanyekan pemilu anti hoax, sukseskan pemilu dengan berangkat ke tps dan “ojo golput”.( rd komu/ag)

komunitas kaligrafi.jpeg5

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *