KPU Jombang Ngaji Tungsura Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id Guna mengantisipasi berbagai kendala dilapangan terkait pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum tahun 2019, KPU Jombang beserta seluruh anggota panitia Pemilih Kecamatan ( PPK) duduk bersama lakukan pencermatan dan simulasi tungsura selama dua (16-17) hari bertempat di Bumi Perkemahan CAI Komboh, Sambirejo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Sabtu (16/2).

ngaji tungsura cai

Acara yang dibuka oleh devisi teknis Drs. Dja’far, SH, M.Si Selanjutnya pemaparan  materi disampaikan kpu secara bergiliran,  Materi pertama Kebijakan Umum Tungsura dan Penetapan Hasil Pemilu, Serta  Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 oleh Drs. Dja’far, SH, M.Si. Persiapan Pembentukan KPPS oleh Drs. M. Fatoni, MM. Logistik Pemilu 2019 oleh Heri Subagyo, SE, M.Si. Materi II Panduan Pengisian Formulir C1 di TPS dan Tanda Coblos Sah Tidak Sah Surat Suara, oleh Deni Laksono, SSTP. Minggu, 17 Pebruari 2019. Materi III Persiapan Pleno Rekap DPTb oleh Abdul Wadud Burhan Abadi, SE, MM. Materi IV. Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara oleh Drs. Dja’far, SH, M.Si

ngaji tungsura cai.jpg1

Seperti diketahui pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 kelak, setiap warga yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan membawa 5 jenis surat suara pertama, surat suara Pemilihan Presiden, kedua, surat suara Dewan Perwakilan Daerah, ketiga surat suara legislatif tingkat pusat, keempat surat suara legislative tingkat provinsi dan kelima, surat suara legislative tingkat kabupaten/kota. Kalau penyelenggara kurang cermat dalam mensosialisasikannya kepada masyarakat maka hasilnya sudah dapat dibayangkan betapa bingungnya mereka.

ngaji tungsura cai.jpg2

Djafar  Divisi teknis penyelenggara selaku komisioner yang membidangi teknis kepemiluan turut menyampaikan design warna surat suara yang akan digunakan kelak, serta menyampaikan bahwa untuk menghemat waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS, saat ini tengah digodok suatu aturan agar proses tungsura di tingkat TPS dapat dilakukan secara pararel, dimana ketua PPK menjadi coordinator sementara masing-masing anggota PPK memimpin proses tungsura sesuai tingkatannya.

ngaji tungsura cai.jpg3jpg

Acara bimtek yang dilaksanakan di CAI dengan alam hutan wonosalam yang indah dan nuansa Ponpes LDII seraya acara bimbingan teknis seperti ngaji dengan duduk bersama diatas tikar serta suasana keakrapan terlihat antara PPK,KPU dan masyarakat  menjadi hal yang berbeda dari bimtek sebelumnya, bimtek yang diselengarakan seperti ini baru pertama kalinya,”  Ujar Deni Laksono (agus).

#ayosukseskanpemilu

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *