KPU Jombang Sosialisasi Pada Pemilih Pemula di SMA Muhammadiyah Jombang

Kpu-jombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang, menggelar sosialisasi pemilu 2019 dengan  siswa SMA Muhammadiyah Jombang, yand digelar di gedung Dakwah  SMA Muhammadiyah Jl DR Sutomo Jombang,Rabu (20/2).

sma muhamadiyah

Drs M Fatoni MM Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan memberi pemahaman bagi anak sekolah yang pemilih pemula atau yang baru pertama kali memilih.“Tujuannya memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula, untuk bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi dengan  Memberikan pemahaman tentang surat suara yang akan dicoblos ketika masuk ke TPS pada Pemilu 17 April nanti, dihadapkan untuk memberi hak suara kepada Presiden/Wakil Presiden RI, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. KPU juga menyarankan sebelum masuk ke bilik suara, pemilih sudah punya pilihan dengan melihat papan pengumuman di lokasi TPS. Untuk memudahkan pemilih, surat suara dicetak dalam lima warna, abu-abu untuk calon presiden, kuning (DPR RI), merah (DPD RI), biru (DPRD Provinsi), dan hijau (DPRD Kabupaten/Kota). M Fatoni berharap, kedepan seluruh siswa  mensukseskan Pemilu serta menjadi pemilih cerdas,”

sma muhamadiyah.jpeg2

Dalam kesempatan ini, M Fatoni  mengimbau kepada seluruh siswa yang sudah berusia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). “Mereka juga kami imbau untuk melakukan pengecekan daftar pemilih bagi yang sudah punya e-KTP di masing-masing kelurahan/desa atau bisa juga lewat aplikasi KPU RI berbasis android,” Ujar M Fatoni

sma muhamadiyah.jpeg3

Selain itu, dia mengaku, memberikan pemahaman dan dorongan kepada siswa para siswa agar menolak segala bentuk tindakan yang dapat mencederai proses demokrasi. Seperti untuk tidak membuat berita hoax, issu SARA, politik uang, intimidasi, golput, dan kekerasan.(agus)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *