Relawan Demokrasi Gelar Seminar Demokrasi Ngobrol Pintar Bersama KPU Jombang

Kpu-jombangkab.go.id Jelang pemilihan umum 2019, KPU Jombang gencar lakukan sosialisasi melalui Relawan Demokrasi Jombang Sosialisasi yang menyasar pemilih pemula tersebut bertempat di di Friends Eat and Coffee Jl Pahlawan Jombang, Kamis (21/2).

frent cafe

Seminar Demokrasi dengan tema “ Ngobrol Pintar Bersama KPU Jombang”  yang diselenggarakan oleh Relawan Demokrasi berbasis Pemilih pemula KPU Kabupaten  Jombang Lebih 70 orang peserta, yang diikut sertakan merupakan para siswa kelas 3 SMA se-Kabupaten Jombang, yang telah memenuhi kriteria untuk memilih atau masuk dalam katagori pemilih pemula.

frent cafe.jpeg1

Drs M Fatoni MM Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, menyebutkan pentingnya bagi pemilih pemula untuk menyalurkan aspirasinya pada Pemilu 2019 mendatang.”Jumlah pemilih pemula cukup signifikan, dengan jumlah tersebut. Tentu akan sangat berpegaruh terhadap tingkat partisipasi pemilih di Mempawah,” ujarnya.

frent cafe.jpeg2

Sosialisasi secara gamblang mensosialisasikan Pemilu Serentah pada Rabu 17 April 2019. Di tengah kegiatan sosialisasi sejumlah siswa  sangat tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi, satu per satu pertanyaan dilontarkan siswa  pada narasumber KPU Jombang dengan memberi hadiah bagi yang bisa menjawab. Serta memberikan materi tentang pemilu, mulai Pengenalan cara pindah memilih, 5 Surat Suara, Cara Mencoblos maupun ajakan untuk tidak Golput dan mencoblos dengan benar alias sah mulai Surat Suara Presiden Wakil Presiden, DPR RI, DPR Provinsi Jatim, DPRD Kabupaten Jombang  maupun DPD Jatim, “ Ujar M Fatoni

frent cafe.jpeg3

KPU juga menghimbau agar masyarakat tidak mengikuti atau terlibat dalam money politik. Sebab jika ketahuan maka akan ada sanksi pidananya.M Fatoni menyebutkan, apabila para pemilih pemula apatis untuk menyalurkan suaranya bakalan berdampak pada legitimasi hasil pemilu.”Legitimasi hasil pemilu sebagai sebuah indikator bahwa pemimpin yang terpilih mendapatkan pengakuan sebagai penerima mandat oleh sebagian besar masyarakat,” Ujarnya.

Ia mengatakansosialisasi ini penting disampaikan kepada pemilih pemula, agar mendapatkan edukasi yang pengetahuannya cukup memadai terkait  kepemiluan.acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan peserta ( agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *