Relasi Basis Khusus Sosialisasi Pemilu 2019 Dengan Warga Dusun Munggut, Desa Cupak Ngusikan

Kpu-jombangkab.go.id Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Jombang basis pemilih Khusus mensosialisasikan pelaksanaan pemilu serentak 2019 dengan Warga Dusun Munggut, Desa Cupak Ngusikan Jombang.  Sabtu ( 23/2)

ds munut cupak

Jalan Dusun Mungut sebagian besar wilayah merupakan hutan jati dengan relief perbukitan serta jalanya rusak menjadikan tim KPU Jombang terjebak dalam jalan yang tidak  bisa di lewati dengan mobil biasa dan harus memutar jalan lebih jauh sehingga kegitan agak molor. Pencaharian penduduk Dusun Munggut sebagian besar berprofesi sebagai petani lahan hutan, sawah padi dan ladang tembakau.Menjadi sasaran Relawan demokrasi untuk sosialisasi pemilu 2019. Untuk bisa sampai di Dukuh Munut tersebut, harus memutar. Sebenarnya ada jalan dari tetapi hanya bisa dilalui sepeda motor trail.

ds munut cupak.jpeg1

Acara yang dibuka oleh Winarsono Kepala Desa Cupak Ngusikan Jombang, dihadiri juga PPS. Sebanyak kurang lebih 100 warga  terlihat hikmad mendengar sosialisasi yang disampaikan Drs M Fatoni MM Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, dengan memaparkan  tanggal pemilu 2019, menyebut ada 5 macam warna surat suara. Warna Hijau untuk Kertas suara pemilu legislatif (DPRD) tingkat kabupaten/Kota, Warna Biru untuk Kertas suara pemilu legislatif (DPRD) tingkat Provinsi, Warna Kuning untuk Kertas suara pemilu legislatif (DPR RI) tingkat Pusat, Warna Merah untuk Kertas suara pemilu (DPD RI), Warna Abu-abu untuk Kertas Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI. Dan tata cara mencoblos, “Peserta sangat antusias sekali, bahkan dengan suasana yang santai, Di tengah sosialisasinya , M Fatoni  melontarkan guyonan yang membuat warga tertawa. “loooo semua sudah tahu tata cara mencobloss??””,” canda M Fatoni  yang disambut gelak tawa para ibu-ibu.

ds munut cupak.jpeg3

KPU juga menghimbau agar masyarakat tidak mengikuti atau terlibat dalam money politik. Sebab jika ketahuan maka akan ada sanksi pidananya.“Jangan sampai masyarakat terlibat dalam money politik. Hanya karena uang yang tak seberapa dan bantuan sembako, maka dampaknya akan kena sanksi ancaman hukuman 2 tahun dan denda 24 juta rupiah,”Ujar M Fatoni.

ds munut cupak.jpeg4

Lebih lanjut  M Fatoni  mengatakan bahwa daerah terpencil seperti Dukuh Munut ini memang harus diprioritaskan untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai Pemilu 2019 ini. “Harapan kami, warga di dukuh terpencil ini tidak ketinggalan informasi dibanding warga di daerah perkotaan yang memang sangat mudah mengakses informasi. Kami perlu prioritaskan untuk didatangi secara khusus daerah-daerah terpencil ini,” Ujarnya.( agus).

ds munut cupak.jpeg5

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *