KPU Jombang Gandeng IPC dan Pertuni dalam Sosialisasi Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id.  KPU Jombang  menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada kalangan difabel Jombang yaitu anggota IPC ( Ikatan Penyandang Cacat) dan PERTUNI ( Persatuan Tuna Netra Indonesia) Kabupaten Jombang yang  di Dapur Ency. Jl. Adityawarman No.43, Kepanjen, Kec. Jombang. sosialisasi ini bertujuan mengenalkan Pemilu kepada para kalangan difabel  mereka juga bagian dari warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih, Minggu ( 24/2).

sos ipc dan pertuni di dapur enci

“Kami memberikan sosialisasi ini bukan karena mereka orang yang sakit, bukan karena mereka tersisih dari masyarakat, atau bukan karena belas kasihan, melainkan untuk memfasilitasi mereka karena mempunyai hak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019,” ujar Deni Laksono,

sos ipc dan pertuni di dapur enci.jpeg1

Dalam paparanya Deni Laksono  kesulitan yang dihadapi dalam sosialisasi antara lain karena mereka kurang paham betul mengenai Pemilu, kurang mengenal caleg, dan kurang mengenal calon anggota DPD.”Kami memfasilitasi mereka untuk bisa didampingi ketika mencoblos karena ada aturan yang membolehkan kaum disabilitas intelektual untuk didampingi dengan memanandatangani C3,” Ujarnya.

sos ipc dan pertuni di dapur enci.jpeg2

Di hadapan puluhan  penyandang disabilitas yang hadir, Deni laksono  menyampaikan sejumlah informasi terkait pemilu. Misalnya, akan ada lima surat suara yang dicoblos, perbedaan kode warna setiap surat suara, hingga calon-calon yang dapat dipilih di pemilu, mulai dari caleg DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, hingga capres-cawapres.  juga mengajak para penyandang disabilitas untuk mengenal dan menelusuri rekam jejaknya

sos ipc dan pertuni di dapur enci.jpeg3

Suparno salah satu peserta dari Pertuni menyampaikan dan harus menjadi perhatian KPU  dalam mengkategorikan TPS yang bisa diakses penyandang disabilitas, yaitu jalan menuju TPS, lokasi TPS, pintu masuk dan keluar TPS, ruang gerak dalam TPS, meja bilik pilih, meja kotak pilih, dan braile template,” Ujar parno.

Parno juga berharap  tidak ada oknum petugas di TPS yang menggiring para kaum difabel ke salah satu kandidat tertentu.”Kami ingin menunaikan hak pilih sesuai kata hatinya, jangan ada penggiringan politik,” Ujarnya.

sos ipc dan pertuni di dapur enci.jpeg4

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan peserta baik dari IPC dan Pertuni Jombang

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *