Ingkatkan Partisipasi Perempuan, KPU Jombang Gandeng Aisiyah Jombang Sosialisasi Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id KPU Jombang Gandeng  Pimpinan daerah  Aisyiyah Jombang laksanakan sosialsiasi dan partisipasi masyarakat pada pemilu 2019. Acara yang diikuti kurang lebih 100 (seratus) peserta berlangsung di Aula rapat lt. 2 Gedung SMA Muhammadiyah Jombang . Melalui kegiatan sosialisasi yang menyasar perempuan, diharapkan mampu mendorong partisipasi perempuan dalam Pemilu Serentak 2019.Rabu( 27/2)

sos dg aisiyah

Drs. M Fatoni, MM Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Dalam sosialisasi menjelaskan mengenai jenis pemilih yang nanti berhak memilih, seperti Pemilih yang terdaftar dalam DPT, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan pemilih yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT atau disebut dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

sos dg aisiyah.jpeg1

Athoillah,SH Divisi Hukum menyampaikan tahapan umum pelaksanaan Pemilu 2019 yang sampai tahap ini memasuki tahapan Kampanye, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemilih perempuan terhadap tahapan kepemiluan. Kemudian membangun kesadaran mereka agar betul-betul berpartisipasi. Tidak hanya untuk dirinya tapi juga mengajak keluarganya, saudaranya, untuk ikut menyukseskan Pemilu 2019,” Ujar Atrhoillah.

sos dg aisiyah.jpeg2

Dalam penjelasan Athoillah. SH  menekankan pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dalam  pemilu 2019, “Pemilih cerdas itu tidak hanya tahu kapan waktunya memilih dan berapa jumlah surat suara yang akan diterimanya, melainkan juga mengetahui apa yang akan dipilihnya serta mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang diperolehnya saat sosialisasi seperti ini, kepada keluarga dan warga sekitar, sehingga mereka juga memahami tentang apa dan bagaimana pemilu 2019 nanti berlangsung,” Ujarmya.

sos dg aisiyah.jpeg3

Acara juga diwarnai dengan tanya jawab, yang antara lain  menanyakan tentang hak warga Jombang yang  bekerja di Luar negeri dan menjelang hari H pencoblosan nanti sudah kembali ke Jombang, M fatoni  menjelaskan agar yang bersangkutan mengecek dulu, apakah sudah terdaftar di DPT atau belum, jika belum namun KTP nya jelas Jombang,  maka nantinya akan di catat dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang bisa menggunakan hak pilihnya setelah pukul 12.00 WIB di TPS sesuai alamat KTP yang bersangkutan.

Lebih lanjut M Fatoni menambahkan sosialisasi pendidikan pemilu lebih ditekankan pada pengenalan peserta pemilu, kertas suara, dan tata cara pencoblosan. Selain para pengurus Aisaiyah  diharapkan untuk tidak golput, tidak ikut menyebar berita-berita hoax yang massif beredar di media sosial, menolak money politik, dan menghindari adanya konflik suku, ras, agama dan antar golongan. (agus)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *