Relawan Demokrasi Basis Disabilitas Gelar Sosialisasi dan Simulasi Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id sekitar 80 anggota disabilitas yang terdiri atas berbagai sekolah di Jombang ikuti sosialisasi dan simulasi pemilu 2019. Sosialisasi  digelar  Aula Keterampilan SMALB Muhammmadiyah Jombang berlangsung mulai pukul 09.00-11.30.Sosialisasi pemilu sengaja diselenggarakan oleh Relasi Basis Disabilitas yang dikoordinatori Mochammad Suliyono, Spd dan anggotanya Hellen Juliana, Achmad Fathul Iman, Sudarmaji dan Muhammad Rofiq. Tujuan dari sosialisasi ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ,khususnya kauan distabilitas.Kamis (28/2).

distabilitas d pulo

Acara dibuka oleh Drs. M Fatoni, MM Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Dalam sosialisasi menjelaskan mengenai jenis pemilih yang nanti berhak memilih, pengenalan peserta pemilu, lima kertas suara,  tata cara pencoblosan dan simulasi pencoblosan surat suara pemilu 2019 bagi para penyandang disabilitas dengan benar kepada peserta.

distabilitas d pulo.jpeg

Mochammad Suliyono, Spd dikoordinatori  Disabilitas dengan  sosialisasi dari basis disabilitas ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat kususnya disabilitas agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu sebelumnya,” dengan adanya sosialisasi kepada basis pemilih penyandang disabilitas semakin memudahkan kepada para penyandang disabilitas dalam menunaikan hak pilihnya.Kami juga mengingatkan agar para pemilih jangan golput pada pemilu nanti. Karena kami mengingatkan suara yang tidak digunakan akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ,” kata Pria yang juga menjabat Ketua IPC Jombang.

distabilitas d pulo.jpeg.jpeg3

Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas Amin, mengaku sangat senang dan terbantu dengan program sosialisasi yang dibuat Relawan Demokrasi KPU Jombang .

distabilitas d pulo.jpeg.jpeg4

Muhammad Rofiq Anggota relawan demokrasi basis distabilitas sekaligus guru SLB, mengatakan  Selama ini pilpres sama pileg terpisah, sekarang jadi satu, otomatis surat suaranya nambah lagi. Itu yang perlu jadi perhatian KPPS, terutama pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suaranya,” Ujarnya ( agus)

distabilitas d pulo.jpeg1

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *