Relawan Demokrasi KPU Jombang Sosialisasi Pemilu 2019 Kenduren Wonosalam

sos kenduren wos.jpeg3

Kpu-jombangkab.go.id Guna meningkatkan partisipasi Pemilih dalam Pemilu Tahun 2019. KPU Kabupaten Jombang menggiatkan berbagai cara, salah satunya.Pemanfaatan momen Kenduren Wonosalam yang terkenal sebagai even Nasional kabupaten Jombang, dipilih untuk  melakukan sosialisasi dengan menyebar brosur  dan mengajak masyarakat dalam  Pemilu Tahun 2019.Minggu (3/3).

sos kenduren wos

Ribuan orang dari Jombang dan beberapa kota di Jawa Timur, memadati lapangan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, Mereka adalah pengunjung dalam acara kenduri buah durian atau dalam bahasa jawa disebut Kenduren Duren. Kenduren Wonosalam merupakan ritual tahunan masyarakat dari 9 desa di Kecamatan Wonosalam. Tradisi selamatan disertai acara berbagi durian gratis tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya hasil panen durian.

sos kenduren wos.jpeg1

Acara diawali dengan pembuatan posko KPU Jombang di tempat masuk lapangan Kecamatan Wonosalam, dilanjutkan dengan pemberian briefing kepada segenap Relawan Demokrasi guna melakukan kegiatan sosialisasi  bergerak menyasar masyarakat di sekitar lokasi, pengendara jalan hingga stan penjual makan .maianan sepanjang jalan raya Wonosalam selama dua hari Karena ramaianya kegitana tersebut

sos kenduren wos.jpeg2

Nampak antusiasme masyarakat dengan berkenan menerima brosur dan mendengarkan arahan singkat para Relawan Demokrasi seputar informasi tanggal dan hari pemungutan suara, pindah memilih serta pentingnya menggunakan hak pilih.

sos kenduren wos.jpeg6

Lokasi akhir kegiatan sosialisasi adalah di lapangan Wonosalam dengan banyak stan serta ada dua panggung besar dengan  ratusan orang mulai mengambil posisi mengelilingi 9 tumpeng. Sementara pengunjung lainnya, mengelilingi tumpeng raksasa. Suasana di lapangan Kecamatan Wonosalam, lewat hajatan Kenduren Wonosalam yang rutin diagendakan setiap tahun bisa meningkatkan ketertarikan masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Wonosalam., disana ditemui berbagai masyarakat, relawan dibagikan brosur dan dihimbau untuk ingat menggunakan hak pilih pada 17 April 2019 nanti.

sos kenduren wos.jpeg4

Ketua PWI Jombang Berkunjung ke Pasko Informasi Pemilu

Posko KPU di Acara Kenduri Wonosalam juga banyak dikunjungi para awak media, M Fatoni Komisioner KPU Jombang mengatakan, dipilihnya pola sosialisasi seperti di acara kenduren Wonosalam bertujuan untuk menyasar semua lapisan masyarakat yang hadir  di acara tersebut, dan juga menjadikan momen kenduri buah durian atau dalam bahasa jawa disebut Kenduren Duren Wonosalam  untuk menyampaikan pesan mencintai negeri dengan cara datang ke TPS 17 April 2019 nanti dan itu Juga diucapakan Ibu Bupati Jombang Mujidah Wahab dalam acara kenduren Wonosalam dihadapan ribuan pengunjung.“Melalui kegiatan sosialisasi ini harapa kami, tingkat partisipasi pemilih di wilayah Kabupaten Jombang  lebih tinggi, mencapai target partisipasi pemilih dalam Pemilu 17 April 2019 nanti meningkat menjadi sebesar dari 77%, “ Ujar M Fatoni ( agus),

sos kenduren wos.jpeg5

sos kenduren wos.jpeg7

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *