Menyapa Generasi Milenial, Relawan Demorasi Ajak Ngopi Cerdas Bersama KPU Jombang

Kpu-jombangkab.go.id Relawan demokrasi Gelar Talk show seputar pemilu 2019 dalam acara ngopi cerdas bersama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang, bertema “Generasi milenial siap menyambut pesta demokrasi yang sehat dan berkualitas”. Bertempat di Cafe Jong Abang, Parimono, Jombang yanf dihadiri  organisasi-organisasi pelajar yang diwakili oleh beberapa orang dari organisasi tersebut. Sabtu (9/3).

pemula di cafe abang

Sosialisasi yang dikemas dengan ringan dan seru, sesuai dengan para generasi milenial. Selain itu, terdapat lomba-lomba untuk mengasah pengetahuan para pemilih pemula yang dalam hal ini berorientasi pada generasi milenial, dengan door prize menarik bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia. Sosialisasi yang diberikan langsung oleh Komisioner bidang hukum KPU kabupaten Jombang, Athoillah dan Kasubbag Teknis KPU Deny Laksono sebagai  pemateri tentang hal-hal yang berkaitan tentang proses pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 17 April 2019.

pemula di cafe abang.jpeg1

Athoillah,SH Divisi Hukum menyampaikan pelaksanaan Pemilu 2019, Para pemilih pemula untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepemiluan dengan  membangun kesadaran  agar betul-betul berpartisipasi. Tidak hanya untuk dirinya tapi juga mengajak teman , saudaranya, untuk ikut menyukseskan Pemilu 2019,” Ujar Atrhoillah.

pemula di cafe abang.jpeg2

Dalam penjelasan Athoillah. SH  menekankan pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dalam  pemilu 2019, “Pemilih cerdas itu tidak hanya tahu kapan waktunya memilih dan berapa jumlah surat suara yang akan diterimanya, melainkan juga mengetahui apa yang akan dipilihnya serta mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang diperolehnya saat sosialisasi seperti ini, sehingga mereka juga memahami tentang apa dan bagaimana pemilu 2019 nanti berlangsung,” Ujar Atokilah.

pemula di cafe abang.jpeg3

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah menggaet partisipasi pemilih pemula, terutama generasi milenia, agar meningkatkan kesadaran untuk mengsukseskan pemilu 2019. Tetapi dalam hal ini, KPU tidak hanya menyasar para pemilih pemula, ada juga beberapa segmen pemuda tersendiri, pemilih pemula sendiri tidak harus muda, bahkan veteran juga termasuk pemilih pemula, karena mereka selama menjabat sebagai anggota TNI-POLRI tidak memiliki hak pilih,” Ujarnya

pemula di cafe abang.jpeg4

. Acara juga diwarnai dengan tanya jawab, yang antara lain  menanyakan tentang hak warga Negara,kesiapan KPU, masalah pindah memilih, informasi terkait pemilu.

Deni Laksono Sekretariat Kasubbag  menambahkan, banyak sekali jenis kegiatan dalam mensosialisasikan pemilu 2019, seperti, kegiatan talk show, lomba kontes musik, KPU run, goes to campus, goes to school dan banyak lagi kegiatan-kegiatan lain. Sosialisasi seperti ini bahkan sudah dilaksanakan sejak tahun lalu dan tahun ini masih ada lagi, hal ini akan terus dilaksanakan, sampai nanti menjelang pencoblosan,” Ujar  Deni

pemula di cafe abang.jpeg5

Koordinaror  basis pemilih pemula, Shinta Devi menyampaikan bahwa kegitan  tersebut merupakan bagian tugas kita untuk mensosialisasikan  pemilu 2019 “Kegiatan untuk event yang diadakan di Cafe, baru 2 kali ini dan untuk yang sasarannya pemilu pemula, dengan  kegiatan ini para pemilih pemula lebih tau cara memilih yang baik dan benar damn jangan sampai golput dalam pemilu 2019 nanti, “ Ujarnya ( rd/ag).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *