Dengan Screen Printing Bertemakan Pemilu 2019 Relawan demokrasi Basis komunitas Sosialisasi Pemilu 2019 ke masyarakat

Kpu-jombangkab.go.id Salah satu di antara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu. Peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan.

komunitas di denanyar

Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan keterlibatan atau partisipasi rakyat, pada hari Minggu (31/3) Relawan Demokrasi basis komunitas bekerja sama dengan komunitas Djombang Screen Printing menggelar kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019 dan Workshop Screen Printing di Aula Balai Desa Denyar. Diikuti lebih dari  50 peserta, kegiatan ini berlangsung dengan sangat menarik, antusisme peserta yang sangat tinggi membuat kegiatan ini semakin hangat.

komunitas di denanyar.jpeg2

Kegiatan ini dibuka dengan survey pendapat peserta mengenai pentingnya pemilu 2019 dan seberapa jauh peserta mengtahui tata cara pencoblosan yang dilanjutkan dengan sosialisasi teknis pelaksanaan pemilu 2019 oleh Relawan Demokrasi, mulai dari 5 jenis surat suara, pembagian dapil,  hingga syarat sah tidaknya surat suara tersebut.

komunitas di denanyar.jpeg3

Setelah sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan workshop screen printing dengan tema mengkampanyekan “Ayo Budal Nang TPS 17 April 2019” yang  dikoordinir secara langsung oleh tim Djombang Screen Printing.

komunitas di denanyar.jpeg4

Terdapat banyak komunitas di jombang yang turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya, KOmunitas Jombang Street Culture, Komunitas Guna Tani, Alfacom, Komunitas Perkutut, Jombang Kuliner, komunitas senam megaluh, komunitas senam sumber rejo, Komunitas IT, beberapa organisani pemuda (PMII dan IPNU) serta masyarakat sekitar.

komunitas di denanyar.jpeg5jpeg

Amrullah, koordinator pelaksana kegiatan, mangatakan, “Tujuan kegiatan ini diselenggarakan bukan hanya untuk mengedukasi peserta mengenai pelaksanaan pemilu 2019, namun juga memberikan ketrampilan screen printing yang dalam hal ini juga mengkampanyekan Ojo Golput dan Berangkat ke TPS 17 april nanti.”Ujar Anik Komariah Koordinator Relasi Basis Komunitas (ag)

komunitas di denanyar.jpeg1

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *