Ratusan warga datangi KPU Jombang guna mengambil honor sortir,pelipatan surat suara.

Kpu-jombangkab.go.id Ratusan warga Jombang memenuhi kantor KPU Jombang guna mengambil honor sortir dan pelipatan surat suara., sebagian besar didominasi oleh kaum hawa atau emak-emak ini merupakan tenaga sortir dan pelipat surat suara Pemilu 2019,kemarin, senin (1/4)

honor lipat ss

Hanif Purwanto SEkretaris KPU Jombang mengatakan para tenaga pelipat ini akan diberi honor dengan sistem borongan. Setiap surat suara mereka akan mendapat upah sebesar Rp 100,- per surat suara untuk DPRD maupun DPR RI, sebesar Rp 75,- untuk DPD, sedangkan sebesar Rp 50 untuk surat suara Pilpres.” Dijelaskan, perbedaan pemberian honor ini diberikan menurut tingkat kesulitan dalam pelipatannya.“Karena yang DPR maupun DPRD ini kan lebih sulit karena surat suaranya besar, jadi melipatnya juga butuh waktu dan kesulitan tersendiri, maka honor yang kami berikan juga paling banyak dibandingkan lainya. Target kami per orang bisa menyelesaikan 2 dos per hari, 1 dos berisi 500 surat suara,“ Ujar Hanif.

honor lipat ss.jpeg1

 

Proses pencairan anggran dengan menyetor foto copy KTP yang sebelumya sudah di rekap oleh petugasa KPU Jombang, jumlah honor tersebut lumayan untuk membeli kelengkapan bumbu dapur di rumahnya. “Sehari kami berdua bisa selesaikan 3 dos atau 1.500 lembar dengan honor 75 rupiah per lembar. Hasilnya ya lumayan dapat Rp 90.000 per hari, bisa beli bumbu dapur, sayuran dan kebutuhan anak-anak di rumah,”Ujar Ponirah

honor lipat ss.jpeg2

Ponirah  mengaku puas mendapat honor sebesar itu selama beberapa hari mengerjakan pelipatan surat suara. “Ini belum surat suara DPRD provinsi yang kami kerja. Setelah itu, surat suara DPR RI dan surat suara lainnya, ya lumayan beberapa hari ke depan masih bisa dapat honor untuk tambahan menghidupi keluarga,” Ujarnya (ag)

honor lipat ss.jpeg4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *