Relawan Basis Warganet , Sosialisasi Pada Pengusaha On line Sambil Ngopi

Kpu-jombangkab.go.id Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Jombang  Basis Warga Net gelas Sosialisasi Pemilu 2019  dengan pengusaha On line yang ada di Jombang  di Kedai Djati  Jl Pahlawan 67 Kepanjen Jombang  ,Rabu (27/3)

warga net

Ketua Relasi Basis Warga Net,  Bu  Vanya  menjelaskan dalam sosialisasi ini, menyampaikan tentang kepemiluan dengan segenap elemen guna meningkatkan partisipasi pemilih. Terlebih, Relasi basis warganet yang terus menyosialisasikan pendidikan pemilu 2019 di kalangan milenial dan Pedagang On Line yang ada di Jombang.  menyampaikan materi penangkal hoax . Belajar verifikasi informasi dengan menggunakan berbagai pilihan tools yang tersedia. Nilai lebihnya, tools yang ada bisa digunakan untuk melihat rekam jejak calon buyer sehingga transaksi yang merugikan dapat diminimalisir. Tools tersebut bahkan bisa digunakan pula untuk melihat rekam jejak peserta pemilu jika yamg bersangkutan memiliki akun media sosial. Dengan begitu kita akan memiliki pertimbangan yang lebih baik dalam memilih penyalur aspirasi kita nanti.”  Selain itu kami juga bersepakat akan menggunakan suara dengan cerdas dan bijak untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat pada Pemilu 17 April 2019 nanti.” Ujar Vanya

warga net.jpeg1

Dalam obrolan santai ini, M Fatoni Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Jombang  menyampaikan jika soal Pemilu tidak hanya bicara tentang tanggal pelaksanaannya yakni 17 April 2019. Tapi juga berbagai hal mulai dari cara pencoblosan sehingga suara menjadi sah, lalu bagaimana pemilih secara hukum bisa menggunakan hak pilihnya.

“ Surat suara harus dicoblos menggunakan alat coblos yang sudah disediakan di bilik suara. jika menggunakan selain yang disediakan misalnya menggunakan alat lain seperti, pena, rokok dan lainnya itu tidak sah.“Tidak hanya tahu kita nyoblos di 17 April, tapi harus tahu cara menggunakannya. Ada 5 surat suara, dan setidaknya butuh 5 menit untuk bisa menyelesaikannya. Satu surat untuk membukanya butuh beberapa detik. Lalu melipatnya lagi,” Ujar M Fatoni.

warga net.jpeg2

Ia juga menjelaskan cara mencoblos yang tepat. Pilih nomor urut atau coblos foto calon. Jika DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten, jika mencoblos Parpol maka menjadi suara Parpol. Jika mencoblos nama dn nomor urut Caleg maka menjadi suara Caleg. Dalam kesempatan ini, para peserta diskusi ini tertarik menanyakan berbagai hal mulai dari keamanan kotak kardus, pindah memilih, integritas penyelenggara dan masih banyak lagi

warga net.jpeg3

Dilanjutkan dengan permainan game on line kahoot dengan berbagai hadiah yang diterima peserta, materi seputar pemilu 2019 dan fotobersama di ahir kegiatan sosialisasi(ag).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *