Bersama Lansia UPT PSTW Mardi Utomo Jombang Basis Pemilih Kebutuhan Khusus Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Jombang  pada Basis Kebutuhan Khusus bergerak turun ke Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Mardi Utomo Jombang, Rabu (3/4). Sosialisasi   di ikuti . Puluhan lanjut usia (Lansia) client (lansia) suster perawat, relawan pengasuh lansia dan pengasuh. Para peserta diberikan materi tentang kepemiluan mulai pengenalan surat suara, cara mencoblos yang sah maupun tidak sah.. Disamping itu juga peserta diberikan sovenir dari KPU Jombang  melalui Relawan Demokrasi

dg lansia

Tujuan Sosialisasai  pada para Lansia meminta kepada mereka untuk semangat menyalurkan hak suaranya, meskipun saat ini berada di usia ‘senja’.Deni laksono Kasubag Teknis KPU Jombang Menjelaskan  kami dari penyelenggara dengan berbagai cara, baru dia paham setelah diberikan penjelasan, apa itu partai politik, apa pemilu, surat suara, bagaimana cara mencoblos dan sebagainya, Namun menurutnya, meskipun harus diberikan penjelasan secara bertahap, para orang tua tersebut, sangat antusias untuk mendengarkan dan mengikuti sosialisasi hingga mengetahui ada lima surat suara yang akan dicoblos. kita mengulang satu persatu tata cara pencoblosan dan pengenalan surat suara agar tidak salah mencoblos.

dg lansia.jpeg1

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi KPU Jombang dan relawan demokrasi  ketika melakukan sosialisasi di hadapan para orang tua yang sudah berusia diatas 50 Tahun.Dan pihak KPU Jombang  akan mendatangi lokasi panti dan menjelaskan mekanisme pendampingan saat pencoblosan.“Boleh didampingi, asalkan yang mendampingi bisa menjaga rahasia. Apa yang dipilih serta siapa yang dicoblos tetap menggunakan azaz rahasia,” Ujar Deni (agus).

dg lansia.jpeg2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *