KPU Jombang Gelar Bimtek Tungsura

bimtek tungsura

Kpu-jombangkab.go.id KPU Jombang  terus melakukan evaluasi jelang pemungutan suara yang hanya menyisakan beberapa hari. Terbaru, penyelenggara pemilu tersebut melakukan Bimtek  pemungutan dan penghitungan suara Dengan Melibatkan PPK dan Perwakilan PPS Di Seluruh Jombang, Mulai 24 maret sampai dengan 3 April  2019 di Gedung Husni Kamil Manik ( HKM ) KPU Jombang Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan penyelenggara dan kendala-kendala yang kemungkinan muncul.

bimtek tungsura.jpg1

Drs Djafar  koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan, simulasi ini penting dilakukan mengingat hari pemungutan suara yang hanya menghitung hari saja. Untuk itu, pihaknya mengharap seluruh penyelenggara mulai tingkat PPK, PPS, hingga KPPS bisa memahami secara komprehensif terkait proses di TPS selama pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi surat suara.“Masing-masing penyelenggara harus memahami secara menyeluruh, tidak boleh setengah-setengah,” Ujarnya

bimtek tungsura.jpg2

Adapun yang perlu diperhatikan dari hasil simulasi tersebut yakni terkait banyaknya salinan C1 yang akan dibuat. , banyaknya pemilih pindahan yang menjadi tantangan tersendiri.“Kami juga menghimbau agar KPPS memahami dan mengetahui apa saja hak DPTb, dan ini tidak boleh salah,” Ujarnya.

bimtek tungsura.jpg3

Djafar menjelaskan tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara. Hal-hal mendasar mulai dari jenis-jenis pemilih yang terbagi menjadi pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK), tugas masing-masing Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sekaligus pengenalan surat suara serta identifikasi surat suara sah dan tidak sah.

bimtek tungsura.jpg5

Setelah pemaparan materi peserta diajak secara interaktif untuk menyampaikan tugas dan peran KPPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Selanjutnya peserta yang dipilih secara random diajak untuk mengadakan simulasi memilah jenis formulir dan sampul kertas pasca penghitungan suara dan memasukkan ke dalam kotak suara yang sesuai. dan penulisan Formulir C1 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

bimtek tungsura.jpg6

Bimtek tersebut dilaksanakan dengan bergiliran seluruh PPK dan PPS sekabupaten Jombang dengan memperhatikan daya tampung Gedung HKM KPU Jombang, dengan satu hari dua kecamatan sesuai dengan dapil (ag)

bimtek tungsura.jpg4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *