Relawan Demokrasi Basis Agama gandeng FKUB,FPK dan Ormas Siap Sukseskan Pemilu Serentak

kpu-jombangkab.go.id. Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK),  sosialisasi Pemilu 2019  yang diadakan Relawan Demokrasi Basis Keagamaan di Ruang Suro Pemkab Jombang , Kamis (4/4). Sosialisasi tersebut dihadiri Asisten I Pemkab Jombang Bapak Masud mewakili Bupati Jombang Ketua dan Sekretaris  FKUB beserta pengurusnya, sekretari FPK dan ormas kepemudaan.

agama dan FKUB

Acara dibuka oleh Asisten I Pemkab Jombang Bapak Masud mewakili Bupati Jombang Pemilu 2019 berharap    pemilu berjalan aman dan lancar serta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. “ Pemilu serentak 2019 merupakan salah satu pilar demokrasi. Oleh karena itu, ia berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) mampu menggelar pelaksanaan pemilu yang lebih substansial dan berkualitas demi kuatnya demokrasi.Berdasarkan Pasal 4 UU No 7 Tahun 2017, pemilu harus dilaksanakan berdasarkan prinsip asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kami sangat percaya KPU mampu melaksanakan Pemilu serentak 2019 dengan baik,” Ujarnya.

agama dan FKUB.jpeg1

Dalam hal ini pemerintah daerah ikut serta menfasilitasi pemilu 2019 meminta pihak kecamatan menyediakan ruang atau kantor bagi PPK, yang berlokasi di kantor kecamatan masing-masing. Sementara itu pihak desa diminta menyediakan kantor atau ruangan di kantor desa masing-masing

agama dan FKUB.jpeg2

DR.KH. Isrofil Amar Ketua FKUB Jombang mengatakan salah satu tugas FKUB yakni menjaga masyarakat agar tetap rukun dan bersatu meskipun berbeda pilihan. Kita siap mengamalkan melaksanakan pemilu, aman, damai, rukun. Beda pilihan boleh, beda partai boleh tapi kita selalu bersatu, rukun dalam semangat persaudaraan dan semangat cinta kasih sesama bangsa, Sebagai tokoh agama, lanjut dia, FKUB juga berperan untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2019, dengan cara mengajak , seluruh anggotanya dan seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput,” Ujar Isrofil Amar.

agama dan FKUB.jpeg3jpeg

Sosialisasi kesemua elemen masyarakat merupakan  Ikhtiar KPU Jombang  demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada pemilu 2019 dentan target melebihi 77,9 persen. M Fatoni  mengatakan bahwa, Peran dan fungsi FKUB ini sangat stretegis untuk memberikan ketentraman umat beragama, sehingga dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa, dalam mensukseskan pemilu serentak 2019, dengan cara mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput, sehingga pada tanggal 17 April 2019 para wajib hukumnya pemilih  menggunakan hak politiknya.” Ujar M Fatoni

agama dan FKUB.jpeg4jpeg

M Fatoni juga berharap terkait  berita palsu alias hoax semakin menyeruak menjelang Pemilu 2019, hoax dengan menyisipkan SARA untuk menimbulkan terjadinya perpecahan yang berdampak buruk bagi masyarakat menjelang pemilu 2019. Semua elemen masyarakat untuk memfilter maraknya berita hoax yang beredar di masyakarakat.Kepada seluruh Pengurus FKUB  ikut serta mensosialisasikan tata cara mencoblos dengan baik, serta mensosialisasikan menjadi pemilih yang baik dan bijak serta mengajak masyarakat tidak Golongan Putih (Golput), karena satu suara menentukan nasib seluruh kalangan masyarakat” ujar M Fatoni (ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *