KPU Gelar Simulasi Di Hotel Yusroo

Kpu-jombangkab.go.id Pemungutan dan penghitungan suara tahapan yang krusial Pemilu Serentak 2019. Untuk memantapkan pemahaman dan penyamaan persepsi tentang proses pemungutan dan penghitungan suara, KPU Jombang  gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara kepada jajarannya ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Wilayah Jombang.

simulasi tungsura di yusro

Acara yang berlangsung di Hotel Yusro  tersebut dibagi menjadi 3 (gelombang) yang dimulai hari Minggu (07/04/2019) sampai dengan Selas (09/04/2019). Peserta yang hadir pada hari ini meliputi peserta dari PPK dan Ketua PPS.

simulasi tungsura di yusro.jpg1

Melalui bimtek dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini bisa menjadi pembelajaran sekaligus mematangkan persiapan penyelenggara dalam menghadapi pemilu nanti.

simulasi tungsura di yusro.jpg2

Djafar menjelaskan tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara. Hal-hal mendasar mulai dari jenis-jenis pemilih yang terbagi menjadi pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK), tugas masing-masing Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sekaligus pengenalan surat suara serta identifikasi surat suara sah dan tidak sah.

simulasi tungsura di yusro.jpg3jpg

Setelah pemaparan materi peserta diajak secara interaktif untuk menyampaikan tugas dan peran KPPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Selanjutnya peserta yang dipilih secara random diajak untuk mengadakan simulasi memilah jenis formulir dan sampul kertas pasca penghitungan suara dan memasukkan ke dalam kotak suara yang sesuai. dan penulisan Formulir C1 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. (ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *