KPU Jombang Rakor Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu 2019

Kpu-jombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang  melakukan Rakor evaluasi pelaksanaan sosialisasi pemilu serentak 2019, selama dua hari di Amaris Hotel Malioboro Jogja Jl. Pajeksan No.10, Kota Yogyakarta, mulai tanggal 21 sampai dengan 22 Juni 2019. Rakor  Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu 2019 diikuti seluruh komisioner, Sekretariat KPU Jombang beserta Jajaranya, acara rakor dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Jombang

Ketua KPU Jombang, Athoillah mengatakan evaluasi yang diikuti seluruh Jajaran KPU Kabupaten Jombang guna mencari persoalan yang terjadi di lapangan terkait sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat

rakor di yogyakarta.jpeg1

Pada rapat koordinasi, semua peserta diminta menyampaikan berbagai isu / permasalahn yang berkembang di masyarakat, Kesemua persoalan di lapangan telah dicarikan jalan keluar oleh sejumlah peserta rapat koordinasi dengan mengisi kuisoner maupun penyampaian pendapat.“Pada rapat koordinasi tadi, sejumlah persoalan muncul, namun kesemua persoalan telah dicarikan jalan keluarnya. Kami berharap pertemuan ini mampu  meningkatkan kekompakan dan lebih  profesional dalam menjalankan tugas,” Ujar Athoillah.

rakor di yogyakarta.jpeg2

Tingkat partisipasi masyarakat dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mencapai angka 83 persen. Angka ini di atas target yang dicanangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang sebesar 77,5 persen,” tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu di Jombang ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Pilpres maupun Pileg sebelumnya, Pileg yang dulu itu 76 persen, kalau Pilpres 70 persen, tingkat partisipasi kecamatan tertnggi di kec Ngusikan dan yang terendah kecamatan Ngoro,“ Ujar Deni Laksono Kasubag teknis dan Hiupmas KPU Jombang.

rakor di yogyakarta.jpeg3jpeg

Athoillah menambahkan, Partisipasi masyarakat pada momen pemilu tidak hanya dilihat dari tingginya angka pemilih yang hadir menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara. Namun, diukur dari tingkat kesadaran masyarakat serta keterlibatan aktif dalam seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu. Partisipasi bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan,” Untuk daerah/ kecamatan yang tingkat partisipasinya rendah, KPU Jombang perlu penelitian atau semacam riset kenapa daerah tersebut partisipasinya rendah,” Ujar Athoillah.

rakor di yogyakarta.jpeg4jpeg

Setiap gerak dan  langkah dalam tugas sehari-hari harus menjadi sarana berbakti kepada bangsa dan Negara, rasa cinta tanah air harus menjadi landasan pengabdian, sehingga siapapun kita, menjadi apapun dalam jajaran penyelenggara, maka harus benar-benar berkhidmat kepada kepentingan bangsa dan negara. Bukan kepentingan organisasi, golongan, maupun pihak lain. “ Rasa cinta tanah air itu pula harus menjadi bekal penyelenggara dalam melaksanakan setiap tahapan sosialisasi, dan harus terus,”  Ahmad Saifudin Kasubag Hukum KPU Jombang.

rakor di yogyakarta

“Anggaran untuk sosialisasi pada KPU kabupaten/kota masih rendah, sehingga dalam menyosialisasikan tahapan pemilu, kita harus cerdas supaya sosialisasi tetap berjalan, caranya memanfaatkan forum warga dalam bersosialisasi, maupun sosialisasi berbasis non anggran, ” Ujar Hery Subagyo Kasubag Umum KPU Jombang.

Kepentingan partisipasi menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa, untuk melaksanakan KPU harus bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, pemangku kepentingan untuk melaksanakan sosialisasi yang berkualitas dan berkuantitas. Menjalin hubungan kerjasama dan komunikasi melalui forum koordinasi pimpinan daerah/muspida, tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap elemen masyarakat. Melaksanakan Pendidikan Politik  dan melaksanakan penguatan kepada seluruh elemen masyarakat (Toga/Toma, LSM, Ormas dan pemilih pemula). Dengan poin hasil evaluasi sosialisasi pemilu 2019 di Yogyakarta tersebut,  dapat mencegah tindakan-tindakan kontrademokrasi yang dapat mengoyak dan mendegradasi loyalitas rakyat terhadap sistem demokrasi di Jombang dan Indonesia khususnya (ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *