Siap Hadapi Sengketa Pemilu, KPU Jombang Divisi Hukum Bers ama KPU Se Jatim Hadiri Rakor PHPU

Kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang menghadiri Rapat Kordinasi persiapan gugagatan sengketa perselisihan hasil pemilu dengan Divisi Hukum dari 38 KPU Kabupaten/Kota se Jatim di Hotel Majapahit, Surabaya selama dua hari, mulai Senin – Selasa (24 – 25 /6).  Adapun Tema pokok yang dibahas tekait penyiapan segala hal atas perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) peserta pemilu legislatif mulai DPRD Kabupaten/Kota hingga DPR RI di Jawa Timur.

rakor phpu d surabaya

Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur Chairul Anam mengatakan tahapan PHPU ini merupakan fase yang amat krusial dari semua tahapan yang sudah dilalui. Dari seluruh proses mulai pemutakhiran hingga rekapitulasi tak ada artinya jika lemah di penyiapan PHPU.  Intinya sekecil apapun kita tidak berikan peluang disebut curang, Ia  meminta agar seluruh KPU se Jatim menyiapkan diri untuk membuktikan bahwa telah bekerja profesional sekaligus mampu menjawab segala dalil keberatan yang disampaikan pemohon dengan data dan fakta yang meyakinkan,” Ujar  Chairul Anam saat sambutan pembukaan Rakor tersebut.

rakor phpu d surabaya.jpeg1

Sementara itu , Ketua Divisi Hukum KPU Jawa Timur Muhammad Arbayanto mengingatkan  KPU Kab/Kota di Jawa Timur,  untuk menyiapkan segala sesuatu terkait permohonan PHPU, termasuk  meminta semua kab/kota segera menyusun kronologis jawaban dan daftar alat bukti (DAB). Dasar berpijaknya  Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK),  nanti akan terlihat dan menjadi dasar legal standing, yang dikeluarkan MK per 1 Juli 2019 MK, ” Ujar M Arbayanto

rakor phpu d surabaya.jpeg2

Dalam Rakor tersebut  dari KPU Kabupaten Jombang , diwakili  Ayatulloh Khumaini,S.Sos  Divisi hukum dan pengawasan,  serta Kasubag Hukum, Ahmad Syaifudin,SH,M.Si .“Kita siap, dan sudah mengumpulkan dokumen/ bukti yg dibutuhkan untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan,” Ujar Ayatulloh Khumaini,S.Sos  Divisi hukum dan pengawasan.

rakor phpu d surabaya.jpeg3

Lebih lanjut, Ahmad Syaifudin,SH,M.Si. Kasubag Hukum KPU Jombang, mengatakan sebagai penyelenggara pemilu harus mampu dan siap untuk membuktikan diri bahwa  telah bekerja dengan baik dan profesional sesuai regulasi kepemiluan, sekaligus mampu menjawab segala dalil keberatan yang disampaikan pemohon disertai dengan data dan fakta yang meyakinkan,” Ujar Pak Ahmad pria yang sudah hampir 15 tahun di KPU Jombang. (ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *