KPU Jombang Ikuti Proses Persidangan PHPU di MK

Kpu-jombangkab.go.id Sidang PHPU pilihan legislatif di Pemilu 2019 mengaharuskan jajaran KPU kab/kota mendatangi gedung MK untuk mengikuti proses persidangan. Termasuk KPU Kabupaten Jombang. Sesuai surat KPU RI Nomor 970/PY.01.1-SD/03/KPU/VI/2019, bagi KPU kab/kota yang masuk di BRPK (buku register perkara konstitusi) harus berada di Jakarta mulai tanggal 5 sampai 8 Juli 2019.

phpu d mk

“Memang persidangan dimulai pada tanggal 8 Juli ini. Namun, sebelum persidangan itu dimulai paling tidak kita sudah menyiapkan berbagai dokumen yang akan dijadikan bahan persidangan,” ujar Divisi Hukum KPU Kabupaten Jombang Ayatulloh Khumaini.Sabtu (6/7)

Dia menjelaskan, di tanggal 5 sampai 7 Juli tersebut digunakan untuk mempersiapkan berkas dan konsultasi kepada tim lawyer yang sudah dipersiapkan KPU RI. “Sesampai di Jakarta, dokumen sudah kami siapkan. Dan kami terus melakukan konsultasi kepada tim lawyer.

phpu d mk.jpeg1

Pihaknya tidak datang sendiri. Selain Divisi Hukum, KPU RI juga mewajibkan kepada Divisi Teknis untuk mengikuti proses persidangan di Mahkamah Konstitusi. Didatangkan Divisi Teknis karena hal itu berkaitan dengan kebutuhan data data yang dibawa oleh Divisi Teknis.

“Persidangan ini kan berkaitan dengan hasil perselisihan suara terkait pemilihan legislative Pemilu 2019. Nah, pihak pemohon memperkarakan perselisihan hasil tersebut. Otomatis, data yang diperkarakan berada di Divisi Teknis. Jadi kedatangan Divisi Teknis di sini untuk mendukung kebutuhan dari Divisi Hukum,” terang Divisi Teknis KPU Kabupaten Jombang As’ad Choirudin.

phpu d mk.jpeg1.jpeg1

Selain komisioner KPU Jombang, KPU RI juga mewajibkan masing-masing Kasubag. Yakni Kasubag Hukum Ahmad Syaifudin dan Kasubag Teknis Deni Laksanono.(ass)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *