KPU Jombang Hadiri Undangan Gubernur Jatim, Komisi II DPR RI mengevaluasi pelaksanaan pemilihan umum 2019

Kpu-jombangkab.go.id KPU Jombang  Hadiri Undangan Gubernur  Jatim  Nomer: 005/13438.2/033.3/2019 tanggal 8 Juni 2019 mengenai tindaklanjuti Surat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomer: PW/09732/DPR/VI/2019 tanggal 7 Juni 2019 mengenai Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI ke Provinsi Jawa Timur,Ketua KPU Jombang Menugaskan Rita Damayanti Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM dan Burhani Agus Sukman,SH Staf Tekmas KPU Jombang, untuk menghadiri acara tersebut, Selasa (9/7).Agenda di Ruang Rapat Jayabaya Lantai VII Kantor Gubernur Jawa Timur di Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya. mulai pukul 09.30 WIB sampai selesai,di hadir pula KPU Jawa timur dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Bawaslu Jawa Timur dan Bawaslu Kabupaten/Kota, Polda Jatim,Kejaksaan,Komisi A DPRD Jatim.

kungker dpr ri.jpeg2

Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI mengevaluasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Di pimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera ,menyarankan agar data kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) dijadikan sumber rujukan utama untuk pemilu yang akan datang.”DPT ini segera diselesaikan. Dua sumber data, satu dari Ditjen Dukcapil dan satu lagi hasil dari coklit (pencocokan dan penelitian) KPU. Memang dua sumber data ini mengagregasinya tidak mudah. Karena itu dari masukan yang berkembang, segera tetapkan salah satu sumber,” ujarnya.

kungker dpr ri.jpeg3

Meskipun demikian, penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jatim dinilai baik oleh Mardani. Sementara itu, Plt. Asisten Sekda Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo mengatakan dari segi kemanan, secara umum Pemilu di Jatim berlangsung kondusif. Seluruh jajaran Pemprov Jatim telah membangun komunikasi yang sinergis antar komponen yang ada. Terlebih lagi, ada peningkatan partisipasi pemilih yang signifikan, diikuti dengan suara sah

kungker dpr ri.jpeg5

Kesbagpol Jatim juga mengusulkan DPT bersumber dari. satu sumber data, satu dari Ditjen Dukcapil dan satu lagi hasil dari coklit (pencocokan dan penelitian) KPU. Di Jawa Timur ini seluruh Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) kompak,  bersama KPU dan Bawaslu itu sering bertemu dan membincangkan proses, kalau ada apa-apa dalam pelaksanaan Pemilu langsung bisa diatasi,” Ujar Drs. Ec. Jonathan Judyanto, MMT. Kepala Bakesbangpol Prov. Jatim, yang juga mantan sekretaris KPU Jatim.

kungker dpr ri.jpeg4

Sementara itu Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, ” petugas Pemilu nya saja berjumlah 1,2 juta. dan ternyata berjalan dengan baik, 38 kabupaten kota hampir 30 juta lebih DPT,seperberapa persenya mengalami sakit, itu pun dihitung berdasarkan sk bekerja ,pihaknya sudah mengusulkan kepada KPU RI untuk memberikan santunan petugas pemilu yang meninggal. Untuk yang dirawat di rumah sakit masih ada ratusan dan sudah didata. Memang Jam Kerja Penyelenggara Pemilu Itu Panjang, Overtime, dimulai dari TPS, KPPS itu bekerja, sebagian dari mereka bahkan lebih dari 24 jam, mulai jam 06.00 WIB pagi mereka sudah persiapkan. Jam 07.00 WIB pagi kemudian mulai pemungutan perhitungan suara, itu bahkan ada yang selesainya berikutnya sampai dengan selesai setelah matahari terbit,Kemudian PPK, PPK itu juga kemudian dipantau ketua Bawaslu kan mereka bekerja sampai jam 00.00 malam. Paginya masih lanjut lagi, ini akan terus berlanjut sampai dengan paling lama 17 hari ke depan,” Ujar Choirul Anam..

kungker dpr ri

Setelah acara dengar pendapat dengan undangan yang hadir , dilanjutkan dengan penyerahan cindramata dan foto bersama undangan.(ag).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *