Pengelola Keuangan Ibarat Koki dalam Jamuan Makan

Kpu-jombangkab.go.id- Pengelola keuangan ibarat seorang Koki dalam sebuah jamuan makan. Jarang terlihat orangnya, tapi menjadi kunci sedapnya jamuan yang tersaji. Begitulah Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam, mengibaratkan Para Pengelola Keuangan sebagai Koki atau Juru Masak dalam kegiatan Rapat Koordinasi Monitoring/Evaluasi dan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Ad Hoc Pemilu 2019 KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota se-Jatim, di Ayanna Hotel & Resort-Trawas Mojokerto, Rabu (14/8).

rakor trawas moker I

Lebih lanjut Anam, sapaannya, menjelaskan bahwa Para Pengelola Keuangan yang terdiri dari Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara, dan Operator Keuangan serta Pengelolaan Barang Milik Negara, adalah para Juru Masak yang kinerjanya menjadi kunci lembaga KPU mampu meraih dan mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atau tidak. Merekalah yang paling panjang beban tugasnya setelah kegiatan-kegiatan di KPU selesai.

“Jaga sinergitas dan kekompakan dalam bekerja karena mengelola keuangan membutuhkan orang-orang hebat dan kuat mental,” tegas Choirul Anam, disambut tepuk tangan seluruh Pengelola Keuangan se-Jawa Timur yang hadir saat itu, termasuk Para Pengelola Keuangan dari Sekretariat KPU Kabupaten Jombang.

rakor trawas moker I.jpeg 1

Sekretaris Jenderal KPU RI, Arif Rahman Hakim, yang juga hadir, memberi semangat kepada seluruh Pengelola Keuangan agar bekerja disertai rasa ikhlas selain karena kewajiban sebagai Aparatur Negara. Karena tanggung jawab sebagai Pengelola Keuangan sangatlah besar dan membutuhkan komitmen yang tinggi.

“KPU ini lembaga yang unik dibanding Lembaga Negara lainnya karena apabila tahapan Pemilihan berjalan, anggaran digelontorkan menjelang akhir tahun dan itu membutuhkan kesiapan dan kesigapan,” tegas Arif Rahman Hakim yang gemar dengan kegiatan di alam itu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur –Subbag Keuangan tersebut adalah tindak lanjut pasca Reviu LK – PDTT (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu) oleh BPK RI pada Bulan Juli 2019 lalu. Tujuannya adalah selain melakukan evaluasi terhadap hasil reviu LK adalah juga memberi semangat kepada Pengelola Keuangan Satuan Kerja KPU se-Jatim dan bersiap untuk Pemeriksaan Lanjutan yang rencananya pada Bulan September 2019 mendatang. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *