Dunia Internasional Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia

madanado II

Kpu-jombangkab.go.id Pemilu 2019, banyak mendapat apresiasi dunia Internasional. Selain sukses menggelar pemilu terumit di dunia, transparansi dan tingkat partisipasi masyarakat yang sangat tinggi,” banyak pihak dari luar negeri mengapresiasi pemilu serentak 2019. Berapa yang menjadi catatan positif yaitu Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak pertama di dunia, penyelenggaraannya berlangsung dengan aman dan damai diantara multipartai dan multi kultur, tingginya Partisipasi masyarakat, Sengketa pemilunya sedikit serta kinerja penyelenggara pemilu bagus,” Ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman saat membuka rapat konsolidasi regional peningkatan partisipasi masyarakat di gedung pertemuan Pemprov Sulawesi Utara Kota Manado, Kamis (12/9)

madanado II.jpg 1

Arief Budiman, membandingkan kerumitan ini jauh berbeda dengan Negara-Negara lain. Dirinya mencontohkan Negara India salah satu Negara dengan penduduk terbesar di dunia menggelar pemilu bertahap dengan memakan waktu hingga satu minggu lebih.

madanado II.jpg 3

Lebih lanjut, Arief Budiman, menjelaskan sukses pemilu 2019 juga dapat dilihat dengan tingkat partisipasi masyarakat yang mencapai angka 82% melebihi target yang ditetapkan sebesar 77,5%. Selain itu, jumlah sengketa baik proses dan hasil yang relatif kecil termasuk proses pemungutan dan penghitungan suara melalui informasi Sistem Informasi Penghitungan (SITUNG) yang sangat transparan dan bisa diakses semua orang. dan kita semua sebagai penyelenggara pemilu patut berbangga menjadi bagian dari sejarah ini” Ujarnya

manado.jpeg 3

Konsolidasi regional  diikuti oleh anggota KPU Provinsi dan Kab/Kota di 10 Provinsiyang diwakili Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM serta Kasubag Teknis dan Hupmas (ag/rt)

#KPUMelayani

#KonregParmas

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *