Hoaks Banyak Menyerang Penyelenggara Pemilu 2019

manado kelas kelompok.jpeg 3

Kpu-jombangkab.go.id  Berita bohong (hoaks) pada Pemilu 2019 lalu sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan menciptakan kecurigaan dan kebencian di tengah masyarakat terhadap penyelengara pemilu 2019. hoaks secara permanen akan selalu ada, karena selalu diproduksi dengan segala medium yang ada hingga dianggap sebagai suatu kelumrahan dan kebenaran. “Bahkan di seluruh belahan dunia hoaks menyebabkan kematian otoritas,” Ujar budayawan Radar Panca Dahana pada penyampaian kegiatan Konsolidasi Regional Partisipasi Masyarakat Gelombang ke-II di Manado Jum’at (13/9)

manado kelas kelompok

Hoaks merusak pemilu, dari data   Mafindo ( Masyarakat Anti Fitnah Indonesia)  Selama masa kampanye hingga hari pencoblosan di pemilu 2019, Mafindo menemukan 32 hoaks yang menyerang penyelenggara pemilu, berpotensi mengancam kualitas pesta demokrasi, hoaks tak hanya merusak akal sehat calon pemilih, namun juga mendelegitimasi proses penyelenggaraan pemilu, dan lebih parah lagi, mampu merusak kerukunan masyarakat yang mengarah ke disintegrasi bangsa.

manado kelas kelompok.jpeg 2

Masifnya peredaran hoaks pemilu juga bermaksud mendelegitimasi penyelenggara pemilu, yakni KPU dan badan ad-hoc pada semua tingkatan. Secara legal , Hoax merupakan  berita atau pemberitahuan bohong  yang disengaja untuk menerbitkan Keonaran (UU No 1 tahun 1946, pasal 14 ayat 1). Berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen (pasal 28 ayat 1).,” Prof. Dr. H. Henry Subiakto, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

manado sesi jumat.jpg 3

“KPU Jombang Juga pernah ada penyebaran  Video Hoax Emak-emak Labrak KPU Jombang, dengan modus  mengambil salah satu video di medsos, lantas mengedit dengan menambahkan tulisan ‘Diduga Curang Emak-emak Labrak KPU Jombang Jatim. Oleh pelaku diupload untuk menambah panas situasi politik  pada pemilu 2019, “Alhamdulillah pelakunya dapat ditangkap oleh petugas  yaitu RUK (30), warga Kampung Gandayayi Curahrejo, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Garut,” Ujar Rita Divisi Sosdiklih SDM dan Parmas KPU Jombang.

manado

Untuk mengetahui tentang informasi hoax pemilu masyarakat dapat melihat di web KPU Jombang https://kpu-jombangkab.go.id/2019/08/31/meme-dan-hoax-pemilu/, merupakan salah satu bentuk  Informasi pada masyarakat, (ag).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *