KPU, harus berinovasi untuk meningkatkan kualitas demokrasi

konsolnas ancol.jpg 2

Kpu-jombangkab.go.id- Penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 mendapat apresiasi banyak pihak. Salah satu alasannya, karena kerja-kerja KPU dalam Pemilu lalu, tidak hanya menjalankan rutinitas semata. Melainkan banyak inovasi-inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas demokrasi. Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman saat menutup konsolidasi nasional), Minggu (22/9).

“Komisioner maupun sekretariat, jangan puas dengan kerja-kerja yang monoton. Harus ada inovasi yang dilakukan. Terlebih di Divisi Parmas, yang memang menjadi ujung tombak dalam sosialisasi pemilih,” terangnya.

konsolnas ancol

Arief yang mengenakan batik malam itu mengatakan, jajarannya di KPU RI selama ini telah memberikan contoh bagaimana melakukan inovasi. Misalnya sosialisasi yang sampai menyentuh keluarga.“Jadi kalau tadi ada peserta yang mengusulkan, sosialisasi jangan hanya goes to campus atau goes to school, pikiran anda sudah mundur. Karena Pak Wahyu (Wahyu Setiawan, Divisi Parmas Sosdiklih KPU RI) melakukan sosialisasi goes to family,” katanya disambut gelak tawa peserta konsolnas.

konsolnas ancol.jpg 3

Arief juga berpesan, agar anggota KPU meminimalisasi kesalahan dalam memutuskan sebuah kebijakan. Terlebih, partisipasi masyarakat pada Pemilu serentak 2019 kemarin cukup tinggi. Yakni mencapai 82 persen. Artinya, ada 82 persen warga Indonesia yang percaya kepada KPU.

konsolnas ancol.jpg 1

Anggota KPU menurut Arief, juga harus menjaga kekompakan dan soliditas internal. Ia mengakui, masing-masing anggota memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Karena itu, ia berpesan agar seluruh komisioner saling melengkapi. Dengan begitu, penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 maupu 2024 nanti berjalan dengan baik dan kita optimis akan sukses.

Dalam Konsolidasi Nasional Tak hanya evaluasi, juga dibahas mengenai solusi atas berbagai persoalan dalam pelaksanaan Pemilu lalu sebagai bahan  Pilkada serentak 2020  (ag.rt)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *