KPU Jombang Perduli Budaya dan Demokrasi

kpujombangkab.go.id- Dengan ditemukanya  bangunan bersejarah di dasar sebuah sendang atau kolam di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang. Bangunan  bata merah kuno yang digunakan, bangunan mirip saluran air atau kanal itu diduga peninggalan zaman Majapahit.Yang lokasinya berada satu area dengan punden yang disakralkan oleh warga setempat. Lokasinya di tengah sawah sekitar 1 km dari permukiman penduduk.”Sepertinya ini peninggalan masa Majapahit karena bata merahnya sama dengan di Trowulan, Mojokerto, ukurannya besar-besar,” Ujar Burhani, Selasa ( 8/10).

kpu perduli budaya dan demokrasi

Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang merupakan wilayah yang pada pemilu 2019 partisipasinya terendah diantara 21 kecamatan di Kabupataean Jombang. Dengan ditemukanya  cagar budaya berupa sumber air pemandian keluarga kerajaan dimasa lampau yang berlokasi  di  Dusun Sumber Beji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, “Temuan terakhir yang cukup menarik untuk dibahas lebih lanjut karena letaknya di sebelah selatan Jombang, berbeda dengan peninggalan arkeologi lainya yang berada di utara kabupaten Jombang yang partisipasinya Cukup tinggi pada pemilu 2019, “ Ujar Burhani

kpu perduli budaya dan demokrasi.jpeg 1

Jumlah Pemilih di Kecamatan Ngoro pada tahun 2019 ada  sekitar58,994 orang dengan rincian  29,589 laki-laki dan 29,405 perempuan hanya sekitar 46,470 pemilih atau 78.77% persen yang menggunakan hak pilihnya, ini termasuk terendah dibanding kecamatan yang ada di Jombang. Diharapkan para  generasi muda pegiat budaya agar turut memerangi hoaks yang dapat memecah belah bangsa.Dengan  azas kejujuran Kami akan selalu menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan demokrasi untuk seluruh rakyat Indonesiadan dan Kami juga turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada pam TPS   Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang penyelenggara pemilu yang gugur dalam mengawal proses pemilu 2019.(ag)

kpu perduli budaya dan demokrasi.jpeg 2. jpeg

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *