KPU Jombang Mulai tata arsip dan logistik pemilu 2019 dengan mengeluarkan isi kotak suara di Gudang

arsip di gudang.jpeg 3

kpujombangkab.go.id- Dengan dilantiknya  Presiden dan Wakil Presiden terpilih pemilu 2019 oleh MPR pada tanggal 20 Oktober 2019, berahirnya  tahapan pemilihan umum serentak 2019,  menyisakan pekerjaan rumah bagi penyelenggara pemilu terkait penataan arsip dan penghapusan logistik pemilu.

arsip di gudang

Hal tersebut Mendorong KPU Kabupaten Jombang  untuk sesegera mungkin melakukan penataan logistk pemilu yang ada di gudang. Proses tersebut diawali dengan mengeluarkan isi kotak suara berbahan karton dan memilah logistik pemilu sesuai dengan spesifikasinya. ” Logistik yang ada di gudang berupa Kotak suara, surat suara  dan sampul, itu semua kita tata sedemikian rupa untuk selanjutkan kita laporkan ke KPU RI dan meminta ijin untuk dilakukan penghapusan” Ujar Heri Subagyo KPU Jombang.Jumat (1/11).

arsip di gudang.jpeg 1

Hanif Purwanto Sekretaris KPU Jombang bahwa, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 17 tahun 2016 tentang jadwal retensi arsip, surat suara dapat dimusnahkan 1 Bulan setelah Pengucapan Sumpah/Janji sehingga satu bulan pasca tanggal 20 oktober 2019 semua surat suara dapat dimusnahkan, tetapi karena surat suara merupakan arsip, maka proses pemusnahannya diawali dengan permohonan pemusnahan arsip ke ANRI sebagai lembaga yang mengelola arsip, dilanjutkan permohonan ijin penghapusan surat suara ke KPU RI. Bila ijin dari dua lembar tersebut telah keluar, maka KPU Jombang akan berkoordinasi dengan KPKNL malang untuk dilakukan proses lelang terhadap surat suara. Adapun untuk kotak suara dan bilik suara berbahan karton, KPU Jombang masih menunggu intruksi dari KPU RI terkait penghapusannya. “ Selain surat suara Pemilu serentak 2019, di gudang KPU Jombang juga terdapat surat suara pilkada 2018 yang proses penghapusannya dibarengkan dengan surat suara pemilu 2019,” Ujar Hanif ( humas/ag)

arsip di gudang.jpeg 2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *