KPU Jombang ikuti Bimtek Strategi Sosialisasi Peningkatan Parmas

kpujombangkab.go.id- KPU Jombang ikuti bimbingan teknis strategi sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat acara yang digelar KPU Jawa Timur bersama KPU Kabupaten/Kota se-Jawa timur di Hall Indoor Rame-Rame, Jl. Cipto Manungkusumo No. 24, Bondowoso dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

bimtek parmas.jpeg 2

Acara Bimtek Strategi Sosialisasi Peningkatan Parmas diikuti oleh Komisioner KPU Kabupaten/Kota Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM beserta Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU selamat tiga hari mulai hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019 sampai dengan hari Sabtu, 2 November 2019.

bimtek parmas.jpeg 3

Kegiatan bimtek dibuka oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, berpesan kepada  komisioner di KPU Kabupaten/Kota agar memanfaatkan keberagaman diantara anggota dan menjadikan kekuatan dan momentum merajut sinergitas.“Komisioner harus saling melengkapi, saling menguatkan, saling mengisi, serta setiap keputusan harus kolektif kolegial. Harus dibenahi dulu di dalam internal KPU jika ada persoalan, agar bisa membangun hubungan keluar lebih baik,” Ujar Choirul  Anam.

bimtek parmas.jpeg 1

Dalam bimtek peserta diberikan beragam materi untuk meningkatkan parmas mulai dari menangkal berita hoaks atau berita bohong, pengembangan kapasitas diri, pengelolaan dan pelayanan RPP, media center, website, dan medsos, serta pembagian kedalam kelompok-kelompok diskusi.

bimtek parmas

Salah satu materi bimtek yaitu  Hoax efektif dicounter tidak cukup dengan sekedar klarifikasi ataupun konferensi pers. “sejauh ini metode yang paling efektif menyangkal hoax adalah dengan kartun/meme yang lucu, simpel dan mengena,”.Ujar  wahyu(Kartunis Jawa Pos) salah satu pemateri.

bimtek parmas.jpeg 5

 

Wahyu menambahkan lebih gampang lagi cara mudah mendeteksi media sumber hoax adalah dengan melihat nama media tersebut memakai variasi nama dari media online mainstream misal “detikutama”, “CNN terkini” dan sebagainya.Wahyu kokang yang merupakan jurnalis/kartunis Jawa pos memberikan uraian sesi 2 Bimtek tentang bagaimana membuat ilustrasi kartun yang efektif untuk menangkal hoax di dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. Bimtek yang sedianya dilaksanakan selama 3 hari tersebut merupakan usaha KPU Jawa Timur dalam mempertahankan pencapaian partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah serentak 2020

Hadir dari KPU Jombang , Rita  Damayanti Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM bersama Kasubbag Teknis dan Hupmas, Deni laksono. ( Humas/ag)

bimtek parmas.jpeg 4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *