KPU Jombang hadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Penyelenggara dan Penyelenggaraan Pemilu

Surabaya, kpu-jombangkab.go.id- Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi evaluasi kinerja penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Wyndham Surabaya, Jl. Basuki Rahmad No. 67-73, Surabaya. Acara sejak hari Sabtu, tanggal 02 November 2019 sampai dengan 4 November 2019 mengundang seluruh Jajaran Bawaslu, KPU Provinsi Jawa Timur dan seluruh 38 KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur. Dari KPU Jombang hadir Ketua bersama Anggota KPU Jombang Athoillah, Abd. Wadud Burhan Abadi, As’ad Choirudin, Rita Darwati dan Ayatulloh Khumaini.

Rakor dibuka oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan. Abhan menyampaikan selamat kepada KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan tugasnya dalam Pemilu 2019 dengan baik. “Dalam kesempatan ini, saya mengapresiasi seluruh pihak yang sudah hadir. Pertama, selamat kepada KPU dan juga Bawaslu yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam Pemilu 2019,” jelas Abhan. Selain itu Abhan menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Jawa Timur sebagai provinsi yang pertama kali menginisiasi koordinasi dengan KPU se-Jawa Timur berkenaan dengan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019.“Jawa Timur menjadi yang terbanyak tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sehingga kalau Jawa Timur selesai, maka Indonesia akan selesai”, ungkapnya.

Bahwa evaluasi penyelenggaraan Pemilu memang penting untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Apalagi terdapat 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang akan menggelar Pilkada. “Kalau ada catatan kekurangan, semoga bisa diperbaiki dalam Pilkada 2020”, tambahnya. Abhan berharap bahwa kegiatan bersama antara KPU dan Bawaslu juga perlu dilakukan hingga tingkat ad-hoc. Mulai dari antara jajaran Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), antara Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), dan antara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan Pengawas TPS.“Beberapa persoalan muncul dari bawah. Maka perlu penyamaan pemahaman dari bawah. Kalau masalah dari bawah selesai, maka tidak akan ada residu masalah”, tambahnya.

Ketua KPU RI Arief Budiman, pun hadir dalam acara dan menyampaikan penghargaan kepada Bawaslu yang menyelenggarakan rakor tersebut sebagai langkah yang baik dalam membangun sebuah hubungan antar lembaga penyelenggara yang lebih baik. “Keberhasilan dalam sebuah keberhasilan pemilu harus dimulai dengan membangun relasi atau hubungan yang baik antar lembaga dan dengan terjalinnya relasi baik antar penyelenggara, akan semakin mudah dalam menyelesaikan persoalan dengan baik pula. Hal yang sudah diinisiasi oleh Bawaslu Jatim ini bisa menularkan acara serupa di level penyelenggara paling bawah dalam menghadapi Pemilihan Serentak 2020,” jelas Arief Budiman. (denlaks)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *