KPU Jombang Gelar Pameran Foto Penyelenggaraan Pemilu 2019

kpujombangkab.go.id- Rumah Pintar Pemilu Gusdur KPU Kabupaten Jombang menggelar pameran foto pemilu serentak tahun 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di lokasi car free day (CFD), Jl. KH. Wahid Hasyim, tepatnya di depan kantor DPRD setempat, Minggu (10/11). Dalam pameran foto itu, KPU Jombang menampilkan hasil jepretan dari masyarakat maupun peserta pemilu. Foto-foto yang dipajang adalah foto foto tahapan pemilu, mulai dari tahapan awal hingga penetapan calon terpilih.

pameran foto CFD.cdr 1

Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Jombang Rita Darmawati mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pameran foto ini murni dari ide satuan kerja (Satker) KPU Jombang sendiri. Menurutnya, kegiatan semacam ini penting dilaksanakan untuk membuka kembali memori masyarakat akan pentingnya momen lima tahunan tersebut. “Penyelenggaraan ini berawal dari rapat kecil yang kami laksanakan rutin di Satker KPU Jombang, khususnya yang membahas promosi dan pengembangan RPP Gusdur melalui pameran foto” ujar Rita, saat di lokasi pameran.

pameran foto CFD.cdr 2 jpeg

Selain agar masyarakat dapat kembali mengingat pentingnya kegiatan pemilu, lanjut Rita, kegiatan tersebut merupakan bagian dari komunikasi antara lembaga dengan masyarakat umum.

“Tanpa adanya partisipasi masyarakat, Pemilu tidak berarti apa-apa. Melalui kegiatan seperti inilah KPU Jombang membangun komunikasi dengan masyarakat. Tentu, tujuannya adalah jangka panjang. Yakni agar pelaksanaan Pemilu berikutnya partisipasi masyarakat dapat lebih meningkat. Tidak cukup pada kegiatan ini, KPU Jombang akan terus menyelenggarakan kegiatan kegiatan serupa,” pungkas mantan ketua PPK Kecamatan Mojoagung ini.

pameran foto CFD.cdr 4jpeg

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Jombang Athoillah menjelaskan, melalui kegiatan pameran foto ini, diharapkan masyarakat dengan sadar dapat mengambil peran aktif dalam pelaksanaan Pemilu ke depan. Memang, kata dia, masyarakat sudah tahu pentingnya pelaksanaan Pemilu. Namun, sambung lulusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini, pemilu akan menjadi lebih berkualitas jika masyarakat sudah berperan aktif selama penyelenggaraan Pemilu.

pameran foto CFD.cdr 6jpeg

“Apa kaitannya peran aktif masyarakat dengan kegiatan pameran foto ini? Pada foto-foto yang dipajang tesebut, itulah pelaksanaan Pemilu 2019 lalu. Nah, ketika pengunjung melihat foto-foto tersebut, minimal mereka mempunyai gambaran, bahwa Pemilu itu butuh pengorbanan yang luar biasa. Bagaimana pelaksanaan Pemilu di daerah yang terpencil, bagaimana yang ada di daerah yang sulit dijangkau,” bebernya.

pameran foto CFD.cdr 7jpeg

Di katakan, ada foto yang menampilkan kegiatan distribusi logistik dengan medan yang sulit dilalui. Namun, petugas tetap berupaya keras agar logistik harus sampai di TPS yang dituju. “Dengan demikian, kami berharap peran aktif masyarakat. Saat mengetahui gambar ini, tidak membuat masyarakat takut dalam melaksanakan Pemilu. Justru menjadi tantangan agar Pemilu dapat dilaksanakan dengan sukses,” pungkas Athoillah.

pameran foto CFD.cdr jpeg

 

Selama kegiatan berlangsung, antusias pengunjung cukup tinggi. Baik pejalan kaki maupun pesepeda angin selalu menyempatkan untuk melihat foto-foto yang berderet kurang lebih 10 (sepuluh) meter tersebut. Di saat melihat foto, sebagian pengunjung mendapat souvenir dari panitia setelah menjawab pertanyaan seputar Pemilu. (Humas/as’ad)

pameran foto CFD.cdr

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *