KPU Jombang Ikuti Rakor ASN Pertama di Lingkungan KPU se-Jawa Timur

rakor asn pertama.jpeg 4

Kpu-jombangkab.go.id- Pertama kali di Jawa Timur bahkan pertama kali di lingkup Sekretariat KPU se-Indonesia, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Aparatur Sipil Negara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Tahun 2019 dengan tema “Pembinaan Kepegawaian Dalam Rangka Perbaikan Kinerja Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan.” Seluruh ASN di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota baik yang berstatus ASN KPU (organik) dan ASN Pemda yang dipekerjakan di KPU, dari Sekretariat KPU Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Jombang. Mojokerto Kota, Mojokerto, Nganjuk, dan Lamongan mengikuti rakor gelombang I di Hotel Hom Premiere, Gresik, Selasa (12/11).

rakor asn pertama

 

“Anda semua sebagai ASN di lingkungan Sekretariat KPU harus bangga dan bersyukur berkarya di KPU dengan kelebihan tunjangan dan fasilitas sedemikian besar : sistem perekrutan ASN yang terbuka, jenjang karir yang jelas, dan peluang peningkatan kapasitas SDM yang tidak sedikit. Jadilan ASN KPU yang punya rasa memiliki dan merawat KPU dan menjaga KPU sebagaimana menjaga martabat diri dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas saat tahapan Pilkada dan Pemilu,” tegas Komisioner KPU Jawa Timur – Gogot Cahyo Baskoro, dalam sambutannya – mewakili Ketua KPU Jawa Timur – Choirul Anam, yang masih mengikuti undangan Polda Jatim.

rakor asn pertama.jpeg 1

Menjaga martabat diri dan lembaga, menghindari tindakan ikut serta menyebarkan ujaran kebencian, hoax, dan diskriminasi SARA, dan bekerja mengerahkan kemampuan dengan maksimal, tegas Gogot, adalah menjadi kewajiban setiap ASN di lingkungan KPU. Gogot mengakui bahwa Divisi SDM KPU Jatim masih menerima laporan pengaduan terkait tindakan sikap dan perilaku ASN yang dianggap menyimpang serta melanggar norma etika sebagai ASN dan etika birokrasi. Hal ini menjadikan keprihatinan pribadi bagi Gogot karena ASN adalah profesi yang sangat rentan terhadap sorotan tajam masyarakat, terutama saat tahapan Pilkada dan Pemilu.

rakor asn pertama.jpeg 3

“Jangan bekerja minimalis. Jika tidak bisa menjadi ‘obat’ maka jangan menjadi ‘penyakit’. Artinya jika tidak bisa menjadi bagian dari solusi, janganlah jadi provokator dan memberi pengaruh negatif ke teman-temannya,” ujar Gogot, mantan Komisioner KPU Kabupaten Jember itu.

rakor asn pertama.jpeg 2

Kepala Bagian SDM dan Organisasi KPU Jawa Timur sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Rakor ASN, Suharto (Totok), dalam laporannya menjelaskan bahwa rakor ASN tersebut adalah hasil optimalisasi dari kegiatan 3358 – Pembinaan SDM, Pelayanan dan Administrasi Kepegawaian. Karena ASN adalah bagian terbesar di lingkup KPU.

rakor asn pertama.jpeg 5

“Kami memandang perlu kegiatan ini berawal dari masukan dan saran dari para ASN di lingkungan KPU se-Jawa Timur dan kami menilai kegiatan ini sangat perlu sebagai sarana mendapatkan masukan dan mendengarkan persoalan-persoalan kepegawaian di lingkungan KPU sebagai landasan pijakan kami ke depan untuk mengambil kebijakan terkait kepegawaian,” papar Suharto (Totok), mantan Plt Sekretaris KPU Kabupaten Kediri tersebut.

Rakor ASN KPU diselenggarakan menjadi 5 (lima) gelombang antara lain : di Gresik pada gelombang I, selanjutnya akan diselenggarakan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Malang, Madiun, dan terakhir di Probolinggo. KPU Jombang memberangkatkan seluruh pegawai berstatus ASN di Sekretariat KPU Jombang mulai dari Sekretaris sampai staf pelaksana. (Humas/dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *