Peringati Hari Pohon Sedunia, KPU Jombang Pelopori Penerapan Kebijakan “Eco-Office”

IMG-20191121-WA0036

Jombang, kpu-jombangkab.go.id,- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang (KPU Jombang) menerapkan kebijakan pionir berupa Penerapan Kantor Ramah Lingkungan (Eco-Office) dengan diterbitkanya Surat Keputusan  Nomor 60/HK.03.01-Kpt/3517/KPU-Kab/IX/2019 tanggal 19 September 2019 tentang Penerapan Kantor Ramah Lingkungan (Eco-Office) di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang yang sudah berjalan 3 (tiga) bulan ini.

kerja bakti sambil olah raga.jpg1

Ketua KPU Jombang, Athoillah

Ketua KPU Jombang, Athoillah menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya serius dalam penerapan kebijakan ini. “Ada beberapa strategi nyata dalam mewujudkan mimpi eco-office ini, antara lain Pengurangan Sampah Plastik dan Kertas, dengan tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat menimbulkan sampah, seperti tidak menggunakan piring dan gelas dari bahan plastik, styrofoam dan kertas yang sekali pakai. Lalu, meningkatkan penggunaan peralatan makan dan minum yang terbuat dari kaca, melamin, keramik. Tidak menggunakan air minum dalam kemasan baik dalam kegiatan rutin maupun insidentil yang dselenggarakan.
Membangun penyediaan air minum (water tap), jadi kami menyediakan tumbler bagi seluruh keluarga besar lembaga ini, tidak lagi memakai air kemasan plastik. Dalam administrasi sehari-hari kami juga mengurangi penggunaan kertas, dengan cara menggunakan kembali (re-use), terutama dalam penggunaan kertas untuk pembuatan dokumen yang masih bersifat draf.” ungkapnya.



“Sejak tiga bulan diberlakukan eco-office ini, kami berhemat tidak menggunakan 4.620 gelas plastik air kemasan, kami juga berhemat dalam belanja kertas, karena dalam 1 rim kertas sama dengan satu batang pohon, dengan menggunakan kertas bekas sebagai drafting surat, selain hemat penggunaan alat tulis kantor, kami juga ikut andil menjaga keseimbangan alam,” cetus penggemar nasi bungkus dan kopi susu ini.

Selanjutnya, pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini juga membeberkan tentang penghematan penggunaan listrik. “Kami  sepakati untuk mematikan lampu ruangan apabila tidak diperlukan, mencabut stop kontak, mengatur alat eektronik agar dalam kondisi auto off ketika tidak dipergunakan, KPU Jombang juga bercita-cita membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah kami ajukan ke KPU RI,” imbuhnya. Dari segi penghematan penggunaan air, mematikan kran air apabila tidak diperlukan, melaporkan dengan segera kepada petugas  kebersihan jika menemukan kondisi kran bocor, meningkatkan pemanfaatan air bekas perkantoran secara sederhana untuk menyiram tanaman perkantoran juga menjadi harapanya dapat dilakukan oleh seluruh punggawa kantornya.

“Termasuk dalam rangka menjaga kebersihan / kenyamanan ruang kerja, selain menjaga kebersihan ruang kerja, kebiasaan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan
dan tidak merokok di gedung kantor, kecuali yang dilengkapi fasilitas penghisap udara/asap menjadi budaya di kantor ini,” imbuh penghoby fotografi dan jogging ini.

menanap 100.jpeg1

Penanaman Pohon Trembesi di Lingkungan Kantor KPU Jombang

“Sebagai wujud nyata memperingati Hari Pohon Sedunia hari ini, selain kami menggelorakan eco-office, KPU Jombang juga sudah menanam pohon sebanyak 22 (dua puluh dua) batang pohon selama 3 (tiga) bulan ini, ada pohon trembesi yang mampu menyerap CO2 paling banyak, pohon tabebuya/sakura pink, pohon kelor, kelengkeng, rambutan dan mangga gadung, jadi total kita memiliki 42 (empat puluh dua) batang pohon, sebelumya sudah menanam 20 (dua) bibit pohon, dan tidak semua kita beli, ada sumbangsih dari masyarakat dan CSR dari perusahaan swasta yang peduli lingkungan” tuturnya.

 

kpu ri kunjungi taman rpp

Langkah nyata KPU Jombang terhadap pelestarian lingkungan terbukti nyata dengan digerakannya kerja bhakti di setiap pagi hari Jumat, bahkan pada tanggal 27 September yang lalu Komisioner KPU RI Pramono Ubaidillah Tanthowi melakukan inspeksi mendadak dan berbaur mengikuti kerja bhakti di lingkungan KPU Jombang. (denlaks)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *