Kenalkan RPP dan Demokrasi, KPU Jombang Datangi Sekolah-Sekolah

Kpu-jombangkab.go.id- Tak seperti saat jam istirahat di mana para siswa bebas melakukan aktivitas di jam istirahat, kali ini, Selasa (26/11), ada yang berbeda. Sebagian siswa SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung, berbondong-bondong masuk ke aula dan memenuhi kursi-kursi yang tersedia. Ada apa?

sma muhammadiyah mojoagung

SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung kedatangan Tim Sosialisasi dari KPU Jombang yang membawa misi khusus terkait Pemilu dan Demokrasi. Bertajuk Audiensi Fasilitasi Pengembangan Rumah Pintar Pemilu – Gubuk Sosialisasi Demokrasi untuk Rakyat (GUSDUR), Tim Sosialisasi KPU Jombang bersemangat ingin mengenalkan para Siswa yang termasuk dalam kategori Pemilih Pemula tersebut, adanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di lingkungan KPU Jombang. Apa itu RPP? Tujuannya apa dan siapa saja yang bisa memanfaatkannya?

“RPP ini adalah sebuah bangunan di mana di dalamnya terdapat banyak sekali informasi tentang Pemilu dan seluk beluknya. Tugas kami adalah mengenalkan kepada Adik-Adik semua karena adik-adik ini adalah Calon dan Para Pemilih Pemula yang nanti akan menggunakan hak suaranya dalam Pemilu sehingga perlu membekali diri dengan informasi Pemilu dan demokrasi,” papar Rita Darmawati, Anggota KPU sekaligus Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, di hadapan peserta.

sma muhammadiyah mojoagung.jpeg 1

Rita menjelaskan bahwa Para Siswa yang akan berpartisipasi menggunakan hak suara bahkan yang sudah pernah menggunakan hak suaranya di bilik suara, harus mengetahui apa tujuan memilih dan untuk apa menggunakan hak pilih dalam Pemilu. Semua informasi dan wawasan tentang Pemilu, Para Siswa bisa mendapatkannya di RPP GUSDUR-KPU Jombang.

“Nanti setelah ini, RPP GUSDUR KPU Jombang dengan senang hati menerima kedatangan adik-adik semua dan kita sama-sama belajar dan berdiskusi tentang Pemilu dan semua hal tentang Pemilu dan Demokrasi di RPP GUSDUR,” tegas Rita.

KPU Jombang menyelenggarakan Audiensi Fasilitasi Pengembangan Rumah Pintar Pemilu – Gubuk Sosialisasi Demokrasi untuk Rakyat (GUSDUR) untuk lebih mengenalkan RPP dan wawasan Pemilu serta Demokrasi sebagai bagian dari peningkatan partisipasi masyarakat. Kegiatan berlangsung selama sepekan secara marathon di beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Jombang dan komunitas masyarakat. (hupmas/dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *