KPU Jombang Gelar Evaluasi Pendidikan Pemilih dan parmas dengan Kopidem

Kpu-jombangkab.go.id- KPU Jombang  Gelar Evaluasi  Pendidikan Pemilih  dan   parmas dengan Kopidem di Warung Tungku Jl. Raya Blimbing No.06, Ketawang, Blimbing, Kec. Gudo.Rabu ( 27/11). Acara tersebut diikuti oleh anggota dan ketua PPK periode 2019 yang tergabung dalam jaringan Kopidem (komunitas Perduli Demokrasi Jombang) .Acara dibuka oleh ketua KPU Jombang dengan didampingi anggota yang  lain beserta kasubang teknis dan staf.

TUNGKU GUDO

Rita Darmawanti S,Sos  Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM , mengatakan bahwa acara Evaluasi  Pendidikan Pemilih  dan   parma tersebut merupakan  bentuk kerja sama dengan badan Achoc secara berkelanjutan selama ini,terkait dengan Santunan Kecelakaan Kerja Pemilu 2019 .” KPU Jombang telah berusaha semaksimal mungkin untuk menerima santunan semua, tapi apa daya yang meferifikasi   tim gabungan dokter dan badan keuangan Negara pusat,” Ujar Rita yang juga Mantan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Mojoagung.

Rita  Darmawanti menyampaikan bahwa  terkait  Surat Keputusan Sekretaris Jenderal KPU RI Nomor 638 Tahun 2019 tentang Penerima Santunan Kecelakaan Kerja Bagi Anggota dan Sekretariat PPK, PPS dan KPPS KPU  merupakan yang ketiga , yang tertuang dalam Surat keputusan tersebut dari Jombang hanya dua orang yang ada di SK Tersebut, KPU Kabupaten Jombang  telah berkoodinasi dengan KPU RI terkait dengan penyelenggara pemilu yang mengalami musibah saat pelaksanaan pemilu 2019 yang lalu. “Terdapat 33  penyelenggara pemilu yang mengalami musibah sakit,  3 orang meninggal dunia ,  11 orang berkas  tidak  sesuai denga juknis,. sesuai dengan SK Sekjen 638, dari 22 yang disulkan, setelah diferivikasi oleh KPU RI, hanya 2 orang yang masuk dalam SK dan siap menerima santunan, adapun lainnya KPU  Jombang   tidak bisa memastikan apakah akan ada SK berikutnya atau tidak, tetapi ada bocoran aka SK lagi dan  dua lagi yang masuk “,” Ujar  Rita .

TUNGKU GUDO.jpg 1

Kepada anggota  Kopidem (komunitas Perduli Demokrasi Jombang) yang hadir memberitahukan hal tersebut kepada yang bersangkutan, pemberian santunan sebab dana akan langsung ditransfer oleh KPU RI ke rekening penerima santunan , tidak melalui KPU  Jombang ,  untuk itu Rita  berharap kepada anggota  Kopidem diwilayah kerjanya   yang masuk SK ( Diwek dan Kesamben) untuk mengecek rekening tabungannya serta melaporkan ke KPU Jombang  apabila telah menerima dengan cara menyerahkan foto copy buku rekening.

TUNGKU GUDO.jpg 2

Atoillah  Ketua KPU Jombang Juga menyampaikan  bahwa pada  saat Pemilu 2019 total terdapat 36 penyelenggara pemilu di Kabupaten Jombang  yang mengalami musibah, 3 diantaranya meninggal dunia. Bagi yang meninggal dunia telah menerima santunan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan  satu orang dari KPU RI, sedangkan yang sakit masih  dua orang yang disetujui KPU RI, “ Untuk yang lain KPU Jombang sudah berusaha semaksimal mungkin  agar dapat diberikan santuan, Kita juga mengusahakan hal tersebut ke Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang,  semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang perduli dengan hal tersebut,” Ujar Athoillah.

TUNGKU GUDO.jpg 3

Acara dilanjudkan dengan pembagian sertifikat dari KPU RI untuk penyelenggara pemillu 2019. ( Hupmas/ag).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *