Arief Budiman ketua KPU, Memonitor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

Kpu-jombangkab.go.id Arief  Budiman  Ketua KPU RI bisa berkenan hadir langsung diacara Rapim yang diselenggarakan KPU Provinsi Jatim bersama KPU Kab/Kota Se Jatim (3-5/12/) di Tretes Kab. Pasuruan.  Pada  Rapat Pimpinan (Rapim) yang  digelar KPU Provinsi Jawa Timur

rapim 3

Arif Budiman  merasakan bahwa rapat di Jatim itu terasa seperti rapim tingkat nasional, karena personil yg hadir melebihi jumlah yang di gelar KPU RI. Jumlah Provinsi se Indonesia itu sebanyak 34 provinsi dan jumlah Kab/Kota di Jatim sebanyak 38 Kab/Kota, sehingga personil ikuti rapat di Jatim tentunya lebih banyak, “ Ujarnya

Di moment Rapin ini, Ketua KPU RI ingin mendapatkan informasi langsung terkait perkembangan dan kesiapan di 19 Kab/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan. Terutama kesiapan anggaran hibah, apakah semuanya tertranfer ke rekening KPU atau masih ada kendala pada pelaksanaannya. Dan selalu  optimisnya bahwa penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 yg diikuti 270 (9 prov, 224 kabupaten, 37 kota) se Indonesia nanti akan terlaksana dengan lancar dan sukses.

Lebih lanjut  menurutnya,  pada tahapan saat ini, ada 3 hal yang harus dipersiapkan betu-betul oleh teman-teman semua, yaitukesiapan regulasi; SDM dan ketersediaan anggaran. Pada tahapan saat ini seluruh regulasi dan aturan sesuai kebutuhan tahapan harus sudah dipersiapkan. SDM untuk mendukung kelancaran kegiatan harus tercukupi, kekosongan jabatan struktural bulan januari harus sudah dipenuhi. Kemudian ketersediaan Anggaran hibah Pemilihan harus sudah ready.

rapim 2.jpg a

Selain tiga  hal tersebut, Arif Budiman juga menyampaikan perkembangan terakhir terkait isue pemilu dan pemilihan, juga isue-isue lainnya. Pertama : isue pemilihan Kepala Daerah langsung atau tidak langsung. Kalau KPU diberi pertanyaan untuk memilih pemilihan langsung atau tidak lanhsung, maka jawabannya bahwa KPU itu akan tetap melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu atau pemilihan sesuai yg telah diamanatkan Undang-Undang; Kedua: isue tentang keberadaan kelembagaan KPU. Kemungkinan terkait struktur organisasi kelembagaan KPU akan ada perombakan. Kita tunggu saja perkembangannya. Dan Ketiga; Apakah pemilu dan pemilihan di tahun 2024 dilaksanakan secara serentak? jawabnya KPU sudah teruji untuk menyelenggarakan pemilu maupun pemilihan serentak dan berhasil sukses. Sehingga target pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 KPU tentunya siap.” Ujar Arif Budiman ketua KPU RI  (hupmas/ag)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *